Hari Olahraga Nasional 2020, KONI Apresiasi Turnamen Virtual

Jakarta, MINA – Hari Olahraga Nasional () 2020 berlangsung pada hari ini, Rabu 9 September 2020 di tengah pandemi Covid-19. Sejumlah turnamen yang tetap berjalan secara virtual pun mendapat .

“Itu memang langkah positif. Di masa pandemi, kegiatan olahraga bisa dilangsungkan. memberikan apresiasi terhadap cabang olahraga yang menjalankan kompetisi, meskipun secara virtual. Ini harus digalakkan,” kata Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Ade Lukman dalam keterangan yang diterima MINA.

Sejumlah cabang olahraga yang telah mengadakan antara lain panahan, menembak, e-sports, hingga panjat tebing. Ketiadaan turnamen secara langsung menjadi titik mula penerapan Sport Science di bidang olahraga, sesuai dengan tema besar Haornas 2020 yang dicanangkan Kemenpora.

Menurutnya, Upaya kreatif tersebut pada momen Haornas 2020, menggeliatkan keolahragaan nasional di tengah pandemi. Ia berharap cabang-cabang lain bisa menggelar turnamen serupa, agar proses pembinaan serta peningkatan prestasi olahraga tetap berjalan.

KONI berharap peringatan Haornas 2020 menjadi momentum kebangkitan prestasi olahraga nasional di tingkat dunia. Meski adanya pandemi Covid-19 membuat geliat aktivitas olahraga menjadi terbatas.

“Tapi semangat para atlet dan seluruh pelaku olahraga diharapkan tidak menurun. Bahkan semakin optimis dan semangat untuk menghadapi multievent yang semuanya akan diadakan di 2021,” kata Ade.

Peringatan Haornas 2020, adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia membuat sejumlah event tingkat nasional dan internasional harus ditunda. Praktis, setiap cabang olahraga berupaya bertahan agar tak kalah oleh kondisi.

Para pengurus besar cabang olahraga kemudian tetap mewajibkan para atlet berlatih secara mandiri, dengan supervisi dari masing-masing pelatih. Sehingga semangat meningkatkan kemampuan diri tetap berkobar dibenak para atlet dan cabang olahraga.

“Latihan mandiri ini dapat dilakukan juga supervisi oleh pelatih-pelatih baik itu secara virtual. Pandemi ini jangan dijadikan kendala, tapi mencari solusi terbaik, dan juga menyiapkan program pelatihan yang sudah disiapkan masing-masing pengurus besar,” kata Ade.

“Momentum Haornas 2020, mari jadikan sebagai awal untuk semua cabang olahraga memberikan prestasi yang terbaik buat Indonesia, dengan mengharumkan nama bangsa di internasional. Semangat kebersamaan ini bisa membawa kita ke tempat terhormat,” tambahnya. (L/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.