Hari Syahid Palestina, 7 Januari

Ramallah, MINA – Hari ini tanggal 7 Januari, diperingati “Hari Syahid ”,  memperingati para syahid yang mengorbankan hidup mereka untuk kebebasan dan kemerdekaan Palestina.

Dikutip dari laporan WAFA, bahwa hari syahid ini pertama kali diumumkan sebagai hari nasional pada tahun 1969, bertepatan dengan peringatan syahid pertama dalam revolusi bersenjata Palestina, yakni pemimpin syahid Ahmed Musa Salama.

Ia gugur empat tahun sebelumnya pada tahun 1965, setelah ia melakukan operasi heroik di  Terowongan Eilaboun.

Sejak peristiwa hingga hari ini, rakyat Palestina telah mempersembahkan lebih dari 100.000 syahid, untuk mendapatkan kebebasan mereka dan dapat tinggal di tanah mereka, untuk mempertahankan kehormatan, rumah dan keluarga mereka, serta sebagai tanggapan atas serangan para pemukim.

Rakyat Palestina hari ini memperingatinya dengan mengunjungi makam para syuhada, meletakkan karangan bunga di tugu peringatan, dan menyelenggarakan festival serta rapat umum untuk memperingati mereka yang mengorbankan seluruh hidup mereka untuk rakyat Palestina tetap bermartabat

Data statistik menunjukkan kematian 357 warga Palestina pada tahun 2021, termasuk 287 selama agresi tentara pendudukan di Jalur Gaza pada Mei 2021 lalu.

Jumlah syuhada yang jenazahnya yang ditahan oleh penjajah, di kuburan-kuburan dan lemari pendingin pendudukan Israel, diperkirakan ada 335 orang syahid.

Pada peringatan ini, rakyat Palestina mengingat para syuhada yang bangkit di semua tahap revolusi Palestina dan perjuangan nasional yang panjang dari semua faksi dan di semua lokasi di dalam dan di luar tanah air, di penjara dan di perbatasan, dan juga para syuhada yang tubuhnya masih ditahan oleh Israel. . (T/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.