Hari Tanah Palestina Tanggal 30 Maret

Pasukan Israel menyerang warga Palestina (Foto: File)

Jalur Gaza, MINA – Warga Palestina  memperingati dengan melakukan aksi damai di seluruh penjuru, pada Jumat (30/3).

Peringatan ke-42 tahun tersebut dilakukan untuk menghormati enam warga Palestina yang terbunuh oleh pasukan Israel saat berdemonstrasi menentang penyitaan tanah mereka pada 1976.
Mereka mengadalan pawai di Tepi Barat yang diduduki, Jalur Gaza dan desa-desa Arab di seluruh Israel. Demikian diberitakan Wafa dan dikutip MINA.
Pada 30 Maret 1976, ribuan warga Palestina di wilayah Galilea utara melakukan demonstrasi menentang penyitaan oleh Israel atas tanah Arab yang luas, yang menyebabkan pasukan Israel menggunakan kekuatan mematikan, dan menewaskan enam orang Palestina.
Aksi yang pertama kali dimuali di kota Deir Hanna, dilanjutkan di kota Arrabeh, di wilayah Galilea dan menyebabkan satu orang Palestina meninggal dan belasan lainnya terluka oleh Israel.
Amnesty Internasional dalam keterangannya mengatakan pada 30 Maret 1976, warga Palestina  memprotes pengambilalihan pemerintah Israel atas 2.000 hektar tanah di sekitar desa-desa Palestina di Galilea.
Enam orang Palestina tewas dan lebih dari 100 orang terluka ketika pasukan Israel menghancurkan protes.
Sesudah itu setiap tahun pada tanggal yang sama, warga Palestina di Israel dan Wilayah Pendudukan Palestina (OPT) memperingati peristiwa ini, untuk menyoroti perampasan Israel yang terus berlangsung di tanah Palestina, dan untuk menegaskan kembali hubungan mereka dengan tanah mereka. (P3/P1)
Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.