Harun Asal Madura Menjadi Jamaah Calon Haji Indonesia Tertua, Usia 119 Tahun

Harun bin Senar asal Kecamatan Proppo, Pamekasan, Kebupaten Madura, provinsi Jawa Timur. (Kemenag)

Madura, MINA – asal Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Provinsi Jawa Timur menjadi jamaah haji tertua di Indonesia dengan umur di musim haji 2023M/ 1444H.

Harun bin Senar, kelahiran 1 Juli 1904, diusianya yang tidak muda namun kegigihan dan semangat tinggi Harun untuk melaksanakan ibadah haji, rukun umat Islam yang ke-5, meski berangkat sendiri tanpa didampingi keluarga.

“Alhamdulillah, senang bisa berangkat haji tahun ini. Sendiri, karena memang putra-putrinya nggak ada, istri sudah meninggal,” kata Harun sebelum berangkat haji dalam akun sosial media resmi Kementerian Agama, dikutip MINA, Jumat (26/5).

Harun masuk kuota prioritas Haji Lansia dalam keadaan fisik sehat, aktivitas kesehariannya hanya mengaji, shalat, tidur, makan dan olahraga seperti pada umumnya.

Harun juga terbiasa hidup sehat dengan minum air hangat dan mengonsumsi makanan non-kimia dari hasil pertanian putranya, seperti nasi putih (beras) dan nasi jagung, adapun lauknya daging, ikan, sayur dan sebagaimana lainya.

Selain makan sehat, Harun juga rajin berolahraga dengan menyempatkan waktu melatih fisiknya setiap hari pagi untuk berjalan keliling halaman rumah, agar kuat saat melaksanakan serangkaian ibadah haji di tanah suci, Arab Saudi.

Harun menjadi salah seorang anggota jamaah yang bisa disebut beruntung. Pada 2017, ia memutuskan untuk mendaftar haji ke salah satu Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dekat desanya, dan mendapat jatah berangkat ke Tanah Suci pada 2046.

Namun, kebijakan Pemerintah yang memprioritaskan jamaah berusia lanjut untuk berangkat tahun ini, membuat namanya masuk menjadi calon haji. Hanya menunggu enam tahun, namanya tercatat masuk kuota salah satu jamaah calon haji. Setelah mendapat kabar dan diminta melunasi kekurangan biaya haji, dan kini ia sudah melunasi.

Harun tercatat sebagai haji yang berangkat dari Embarkasi Surabaya Jawa Timur dan masuk pada Kelompok Terbang (Kloter) 6. Ia masuk ke asrama haji pada Rabu (25/5), dan terbang ke Tanah Suci pada Kamis (26/5). (R/R5/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.