“HISTORICAL WALK” PERINGATAN KONFERENSI ASIA-AFRIKA KE 60

(Foto:aacc2015)
(Foto:aacc2015)

Bandung, 5 Rajab 1436/24 April 2015 (MINA) – “Bandung Historical Walk”  dibuka oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Jumat pagi, yang  diikuti oleh Presiden RI Joko Widodo dan sejumlah kepala negara/pemerintahan, untuk berjalan kaki menuju Gedung Merdeka, tempat dilangsungkannya puncak acara Peringatan 60 Tahun KAA.

“Historical Walk” ini adalah napak tilas jalan kaki delegasi dari Hotel Savoy Homann tempat menuju Gedung Merdeka tempat KAA, berjarak lebih-kurang dari 200 meter, seperti yang dilakukan pada pembukaan KAA 1955 yang lalu.

Presiden RI Joko Widodo tampak di barisan depan bersama Presiden Tiongkok Xi Jinping dan PM Malaysia Najib Razak. Disusul oleh sekitar 22 kepala negara dari Asia dan Afrika lainnya berjalan beriringan di jalan yang diberi nama Jalan itu.

Hanya butuh waktu sekitar 10 menit, peristiwa bersejarah ini diulang. Kemudian, seluruh tamu VVIP memasuki ruang utama Gedung Merdeka untuk foto bersama. “Please smile!” kata pemandu acara.

Sejumlah kepala negara/pemerintahan yang mengikuti kegiatan ini, antara lain Presiden Tiongkok Xi Jinping, Raja Swaziland Mswati III, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Presiden Zimbabwe Robert Gabriel Mugabe, Presiden Presidium Majelis Tertinggi Rakyat Korea Utara Kim Yong Nam, PM Nepal Sushil Koirala, PM Kamboja Hun Sen, PM Rwanda Anastase Murekezi, PM Malaysia Najib Razak, dan lain-lain.

“Bandung Historical Walk” adalah bagian acara di Bandung dalam rangka 60 Tahun KAA. Delegasi yang beragama Islam dijadwalkan akan menunaikan ibadah shalat Jumat di Masjid Agung, Alun-Alun, tak jauh dari Gedung Merdeka.

(L/P007/P2)

 Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0