Hongaria Beri Peluang Beasiswa dan Pelatihan Sepak Bola Bagi WNI

Jakarta, MINA – Pemerintah Hungaria berencana memberikan peluang dan pelatihan sepakbola bagi warga negara Indonesia (WNI) di .

Hal tersebut dibahas saat Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Hongaria, Viktor Orbán, di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (23/1).

“Pemerintah Hongaria menyediakan one hundred (100) scholarship for Indonesian students, dan tadi dibahas mengenai bidang-bidang yang akan digunakan oleh para mahasiswa,” ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi seusai mendampingi presiden dalam pertemuan itu.

Menlu mengatakan, hal tersebut merupakan komitmen dari kedua pemimpin untuk terus meningkatkan hubungan bilateral.

Dari segi jarak, sambung Menlu, Indonesia dengan Hongaria memiliki jarak yang jauh, tetapi jika dilihat dari substansi hubungan kedua negara semakin lama semakin meningkat.

”Nah, dengan jarak yang cukup jauh tersebut, maka hal yang pertama yang penting harus dilakukan adalah membangun hubungan people to people,” ujar Menlu.

Dalam kesempatan itu, Menlu menyampaikan, membangun hubungan people to people contacts itu ada beberapa hal yang sudah dilakukan, antara lain adalah dari program beasiswa.

Menurut Menlu, Presiden menyampaikan beasiswa tersebut terkait dengan science, kemudian technology innovation, yang menjadi prioritas.

Selain itu, Hungaria berkomitmen untuk melakukan simplifikasi terhadap proses visa bagi warga negara Indonesia.

“Yang ketiga, masih di people to people contact, kita memiliki kerja sama yang terkait dengan olahraga, yaitu pelatihan pemain sepak bola Indonesia di Hongaria,” ujar Menlu. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.