Hubungan Indonesia-Mesir Di Berbagai Bidang Semakin Kuat

Foto: KBRI Kairo

Kairo, MINA – Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) di Kairo Lutfi Rauf menegaskan, hubungan Indonesia dan Mesir semakin kuat dalam berbagai bidang, seperti perdagangan, ekonomi, pendidikan dan kebudayaan.

“Kemitraan dan kolaborasi antarnegara adalah kunci kesuksesan dalam menghadapi tantangan global yang kita hadapi saat ini sebagai akibat dari pandemi Covid-19 serta krisis pangan dan energi,” ujar Lutfi dalam sambutannya di acara Resepsi Diplomatik di taman Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo, Senin (2/10).

Dalam bidang pendidikan, Dubes menjelaskan, saat ini terdapat 13 ribu Indonesia tengah menempuh pendidikan tinggi di Mesir. Mayoritas, mahasiswa Indonesia belajar di Universitas Al-Azhar, salah satu Perguruan Tinggi Islam tertua yang terus mempromosikan dan meningkatkan pengajaran dan nilai wasathiah dalam beragama.

Baca Juga:  Dasasila untuk Palestina dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Seluruh Indonesia

“Saya apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Mesir dan masyarakat Mesir yang terus menyambut mahasiswa Indonesia dan memberi kesempatan untuk tinggal dan belajar di sini,” ujarnya

Selanjutnya, di bidang ekonomi dan perdagangan, Dubes Lutfi juga menyampaikan bahwa kerja sama Indonesia-Mesir terus tumbuh selama 10 tahun terakhir. Di masa sulit pandemi Covid-19, Mesir dan Indonesia terbukti berhasil meningkatkan nilai perdagangan bilateral sebesar 56 persen.

“Indonesia dan Mesir bukan sedang bersaing, tetapi saling melengkapi komoditas perdagangan satu sama lain. Untuk itu, Mesir dan Indonesia harus percaya bahwa melalui komitmen, determinasi, serta kerja keras yang kuat, kedua negara juga akan bisa lulus menghadapi tantangan ekonomi global saat ini,” ucap Dubes Lutfi.

Baca Juga:  BPBD Bekasi Setuju Adanya Forum Penanggulangan Bencana di Tingkat Kecamatan

Lutfi juga menyampaikan rasa syukur bahwa Indonesia-Mesir akhirnya menandatangani kerja sama pembentukan Komite Perdagangan Bersama di Kairo, pada Mei 2023 lalu. Komite tersebut, katanya, sangat penting untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan potensi kerja sama ekonomi besar yang masih belum termanfaatkan antara kedua negara.

Hadir pada acara Resepsi Diplomatik tersebut, para pejabat tinggi Mesir, diplomat dan Atase Pertahanan negara-negara asing di Mesir, para pengusaha, serta mitra kerja . (R/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.