HUBUNGAN DAGANG TURKI-ISRAEL TERUS BERKEMBANG

Pelabuhan Turki (Foto PressTV)
Pelabuhan (Foto PressTV)

Ankara, 20 Rabiul Akhir 1436/10 Februari 2015 (MINA) – Sebuah data menunjukkan hubungan antara Turki- meningkat dalam beberapa tahun terakhir ditengah protes anti Israel yang di motori mantan Perdana menteri yang saat ini menjadi Presiden Turki, Tayyip .

Data statistik yang dirilis Turkish Statistics Institute (TurkStat) menunjukkan perdagangan antara Turki-Israel mencapai  USD 5,6 miliar pada  2014. Hal itu menunjukkan peningkatan hampir 50 persen dari tahun 2009.

TurkStat juga menambahkan , Turki mengekspor lebih dari USD 2,9 miliar ke Israel pada tahun 2014, sementara impornya adalah USD 2,7 miliar pada tahun yang sama. Press TV melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa.

Padahal, hubungan antara Turki-Israel sempat memburuk setelah rezim Tel Aviv membunuh sembilan aktivis pro-Palestina asal Turki pada armada Mavi Marmara menuju Gaza pada 2010 lalu. Ankara menentang keras sementara Israel kemudian meminta maaf atas insiden tersebut.

Sejak perang Israel-Gaza 2014 lalu dengan korban lebih dari 2.140 warga Palestina, para pejabat Turki mendesak pemerintah Ankara untuk mempertimbangkan kembali hubungan dagang dengan Israel sebagai bentuk solidaritas dengan warga Gaza, akan tetapi permintaan tersebut diabaikan.

Anggota Partai Rakyat Republik (CHP), Faruk Logoglu mengkritik pemerintah karena kebijakannya untuk Israel dan Barat. Menurutnya,  partai pendukung Erdogan itu selalu membenarkan tindakan Israel, Amerika Serikat serta Uni Eropa.

Hubungan Israel–Turki terbentuk pada Maret 1949 ketika Turki mengakui negara Israel. Sejak itu, Israel menjadi pemasok utama senjata ke Turki. Kerjasama militer, strategis, dan diplomatik antara Turki dan Israel menjadi prioritas utama pemerintah kedua Negara.

Hubungan tersebut menegang sejak Konflik Israel-Gaza 2008-2009 dan kasus Mavi Marmara yang menewaskan sembilan warga negara Turki 2010 lalu.

Padan September 2011, Turki mengusir duta besar Israel setelah Israel menolak meminta maaf atas tewasnya sembilan aktivis Turki dalam kasus itu. (T/SH/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0