Hutan Lindung di Sabang Terbakar

Banda Aceh, MINA – Hutan lindung yang berada di wilayah Bay Pass, Desa Cot Ba U, Kota Sabang terbakar, sejumlah personil pemadam kebakaran dibantu aparat kemanan ikut diterjunkan guna memadamkan api tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang Muhammad Amin mengatakan, hutan lindung tersebut terbakar sejak pukl 19.00 WIB kemarin, hingga pagi tadi, api belum berhasil dipadamkan, Senin (25/2).

Pihaknya juga sudah mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran dibantu anggota RAPI, Babinsa dan Babinkamtibnas untuk memadamkan api yang tidak jauh dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sabang itu.

“Kurang lebih itu ada satu hektare yang terbakar, kami belum tau apa penyebab terjadinya kebakaran tersebut,” kata Muhammad Amin.

Dia menambahkan, saat ini pihak Kepolisian Resor Kota Sabang sedang melakukan penyelidikan atas peristiwa tersebut.

Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi Kota Sabang Siswanto mengatakan, kebakaran yang terjadi di daerah Bay Pass kemungkinan dipicu oleh faktor cuaca yang panas, dan sudah beberapa hari terakhir tidak ada hujan.

Pihaknya juga sudah merilis perkiraan cuaca di pulau terluar barat Indonesia itu, secara visual dalam kondisi cerah berawan.

“Kondisi Sabang beberapa hari terakhir ini karena jarang terjadi hujan, mungkin ini menjadi penyebab kondisi daun pun sangat kering dan mudah terbakar,” kata dia. (L/AP/RS2)