IAIN Parepare Kuatkan Visi Kebangsaan Melalui Kepramukaan

Parepare, MINA – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Sulawesi Selatan, melakukan penguatan visi kebangsaan pada mahasiswa melalui kegiatan Pengembangan Pengetahuan Kepramukaan (PPK).

Kegiatan yang berlangsung pada  11 – 17 Maret 2019 ini digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Albadi Gugus Depan 02-001/02-002 IAIN Parepare.

Dikutip dari rilis Kemenag, menurut Rektor IAIN Parepare Ahmad Sultra Rustam,  Organisasi Kemahasiswa (Ormawa) terutama UKM Racana dan Menwa adalah organ penting yang bertugas mengembangkan semangat kebangsaan dikalangan mahasiswa.

“Racana Pramuka harus menjadi pelopor lahirnya mahasiswa dengan paham kebangsaan yang kuat dan moderat dalam beragama,” ujarnya, Rabu (13/3).

Rustam berpesan visi kebangsaan harus menjadi landasan pijak bagi seluruh Ormawa dalam berkhidmah membesarkan IAIN.

“Ormawa harus berada di garis terdepan dalam menangkal intoleransi, radikalisme, berita bohong (hoaks), dalam rangka mengedepankan moderasi beragama,” tuturnya.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Muhamad Saleh mengatakan, kegiatan PPK dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa agar mempunyai daya kritis, tidak mudah menerima informasi dari luar, tetapi membiasakan klarifikasi (tabayyun).

“Kegiatan PPK berorientasi pada moderasi beragama dan wawasan kebangsaan. Sehingga dapat mengantisipasi faham radikal agar agar tidak mudah berkembang di kampus,” pungkasnya. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)