Ibu Negara Turki: 500.000 Orang Pengungsi Suriah Akan Kembali ke Afrin

Ibu Negara Turki Emine Erdogan. (Foto: dok. DailyTimes.com.pk)

 

Istanbul, MINA – Ibu Negara Turki Emine Erdogan mengumumkan bahwa sekitar setengah juta pengungsi Suriah diperkirakan akan kembali ke Afrin setelah melarikan diri ke Turki selama Operasi Ranting Zaitun.

Militer Turki telah melakukan operasi militer melawan milisi Unit Perlindungan Rakyat (YPG) Kurdi di kota Afrin, Suriah utara dekat perbatasan.

“Tujuan dari operasi ini adalah untuk memastikan keamanan di wilayah ini. Bila keamanan dan stabilitas dipastikan di wilayah tersebut dengan Operasi Ranting Zaitun, arus baru akan dihentikan dan mereka yang sudah berada di sini (Turki) diharapkan dapat pergi kembali ke negara mereka,” kata istri Presiden Recep Tayyip Erdogan di Istanbul, Jumat (16/2).

Pada kesempatan itu, Emine Erdogan menekankan upaya kemanusiaan Turki selama konflik di Suriah, The New Arab melaporkannya Ahad (18/2).

“Kami menghadapi masalah moral di Suriah, bukan yang politis. Orang telah kehilangan rumah mereka, anggota keluarga mereka dan kesehatan mereka selama tujuh tahun di Suriah. Lembaga internasional, organisasi non-pemerintah dan negara harus berkumpul di seputar masalah yang mengkhawatirkan,” Kata Emine.

Turki telah menjadi tuan rumah bagi hampir empat juta pengungsi Suriah selama beberapa tahun.

“Pemerintah, LSM dan masyarakat semua melakukan yang terbaik untuk  orang-orang ini,” tambahnya. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)