IHH Turki Siapkan Dapur Keliling di Idlib

Aktivis lembaga kemanusiaan membuat 200.000 roti per hari untuk warga . (Foto: AA)

, MINA – Lembaga Bantuan Kemanusiaan (IHH) Turki menyiapkan dapur keliling di desa Dar Hassam, provinsi Idlib, Suriah, untuk keluarga yang dievakuasi dari kawasan Ghouta Timur.

Penasehat lembaga IHH Selim Tosun mengatakan kepada Anadolu Agency, mengingat bahwa krisis kemanusiaan telah terjadi di Ghouta Timur selama lima tahun terakhir, demikian dikutip dari MEMO, Sabtu (31/3).

Tosum mengatakan, peningkatan jumlah serangan udara, serta kekurangan makanan dan obat-obatan di Ghouta Timur, membuat sangat sulit bagi orang-orang di wilayah tersebut untuk bertahan hidup.

“Kami telah mendirikan tenda di Idlib untuk keluarga yang dievakuasi dari Ghouta Timur sebelumnya. Kami membantu hampir 100 keluarga untuk menetap di tenda-tenda itu. Sekarang kami telah membangun dapur keliling untuk melayani mereka dengan makanan hangat. Sekitar 3.000 orang dapat memanfaatkan dapur kami setiap hari,” katanya.

Ia menambahkan, dalam sembilan bulan terakhir, pasukan Presiden Suriah Bashar Al-Assad telah mengintensifkan pengepungan mereka di Ghouta Timur, sehingga hampir tidak mungkin bagi makanan atau obat-obatan untuk masuk ke distrik dan menyebabkan ribuan pasien yang membutuhkan perawatan.

IHH adalah lembaga bantuan kemanusiaan terkemuka di Turki, yang banyak mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk orang yang menderita di seluruh dunia, termasuk pada korban perang Suriah, kekeringan yang melanda Somalia, dan  konflik yang dialami warga Rohingya di Myanmar. (T/Narti/R10/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)