Imaam Yakhsya: Surah Al-Alaq Landasan Kemajuan Peradaban Masyarakat

Bekasi, MINA – Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur menyatakan, surah Al-Alaq merupakan landasan bagi kemajuan peradaban sebuah masyarakat.

“Dalam surah itu diperintahkan kepada manusia untuk membaca. Itu merupakan landasan utama jika sebuah masyarakat ingin maju peradabannya,” katanya dalam acara diskusi dan bedah buku Nasihat Untuk Orang Beriman di masjid Baitul Muttaqien, Bekasi, Ahad (2/6).

Yakhsyallah juga mengatakan, bulan Ramadhan ini menjadi momentum yang bagus bagi ummat Islam untuk bangkit memajukan peradaban melalui syariatnya yaitu membaca.

“Para pemimpin yang hebat, mereka memiliki tradisi membaca yang kuat sekali. Jadi mereka lebih banyak membaca daripada berbicara,” tambahnya.

“Jika ummat Islam tidak memiliki tradisi membaca yang baik, jangan banyak berharap kita akan menjadi maju. Maka jangan salahkan siapapun jika kita saat ini tertinggal daeri bangs lain dalam segala bidang,” tambahnya.

Ia mengungkapkan salah satu alasan menulis buku itu salah satunya adalah sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya ummat Islam.

Buku Nasihat Untuk Orang Beriman merupakan karya Yakhsyallah Mansur yang ke-13. Buku itu membahas berbagai permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Dengan bahasa yang sederhana, pembaca diharapkan dapat memetik pelajaran dan solusi permasalahan hidup melalui pembahasan yang dibahas dalam buku tersebut.

Buku ini diterbitkan oleh Kantor Berita MINA. (L/P2/RS1).

Mi’raj News Agency (MINA)