Imaam Yakhsyallah: Hadapi Covid-19 dengan 3M Plus Doa

Cileungsi, Kab. Bogor, MINA โ€“ Imaam Yakhsyallah Mansur menekankan agar masyarakat secara bersama menghadapi wabah Covid-19 dengan 3 M .

โ€œMemakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, plus berdoa,โ€ ujar Imaam Yakhsyallah kepada Kantor Berita MINA, Ahad (20/9).

Upaya-upaya fisik 3 M itu menurutnya sangat penting, tapi jangan lupa sangat penting juga upaya batiniyah berupa doa kepada Allah Yang Mahakuasa, โ€œagar kita semua terlindung dari ujian pandemi iniโ€.

Ia menambahkan, melaksanakan 3 M, untuk mencegah kemudaratan pada diri dan orang lain, itu juga termasuk ibadah.

Di antara doa yang dianjurkan Nabi Shalallahu โ€˜Alahi Wasallam untuk menghadapi wabah seperti :

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ ู„ุงูŽ ูŠูŽุถูุฑู‘ู ู…ูŽุนูŽ ุงุณู’ู…ูู‡ู ุดูŽู‰ู’ุกูŒ ููู‰ ุงู„ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽู„ุงูŽ ููู‰ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู…ููŠุนู ุงู„ู’ุนูŽู„ููŠู…ู

Artinya: โ€œDengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.โ€ (HR At-Tirmidzi).

Rasulullah Shallahu Alahi Wasalam menjelaskan dzikir ini, โ€œSiapa yang membacanya di pagi hari tiga kali akan dijamin keselamatannya dari pagi sampai sore dan siapa yang membacanya sore hari tiga kali, akan dijamin keselamatannya dari sore sampai pagi.โ€

Dzikir lainnya:

ุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจููƒูŽู„ูู…ูŽุงุชู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุชู‘ูŽุงู…ู‘ูŽุงุชู ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑู‘ู ู…ูŽุงุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ

Artinya: โ€œAku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya.โ€ (HR Muslim).

Nabi menjelaskan, dzikir ini dibaca pagi tiga kali dan sore tiga kali. Maka, barangsiapa yang mengucapkan dzikir tersebut sebanyak tiga kali di pagi hari dan tiga kali di petang hari, maka tidak akan ada bahaya yang tiba-tiba memudaratkannya.

Doa lainnya:

ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุงูƒู’ุดููู’ ุนูŽู†ู‘ูŽุง ุงู„ุบูŽู„ุง ูˆูŽุงู„ูˆูŽุจูŽุงุก ูˆูŽุงู„ุฒู‘ูŽู„ุงุฒูู„ูŽ ูˆูŽุงู„ู…ูุญูŽู†ูŽ ู…ูŽุง ุธูŽู‡ูŽุฑูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ูˆูŽู…ุง ุจูŽุทูŽู†ูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ุจูŽู„ูŽุฏูู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ุฎูŽุงุตู‘ูŽุฉู‹ ูˆูŽู…ูู†ู’ ุจูู„ู’ุฏูŽุงู†ู ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู’ู†ูŽ ุนูŽุงู…ู‘ูŽุฉ ุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ู‘ู ุดูŽูŠู’ุฆู ู‚ูŽุฏููŠู’ุฑ ูˆูŽุจูุงู„ู’ุฅูุฌูŽุงุจูŽุฉู ุฌูŽุฏููŠู’ุฑ
ูˆูุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุงูŽู„ูู‡ู ูˆูŽุงูŽุตู’ุญูŽุงุจูู‡ู ุงูŽุฌู’ู…ูŽุนููŠู’ู† ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†.

Artinya: โ€œYa Allah hindarkanlah kami dari harga-harga yang mahal, wabah, gempa, dan musibah-musibah lainnya, baik yang tampak atau yang tersembunyi, di negeri kami pada khususnya dan di negeri-negeri kaum Mukminin pada umumnya. Sungguh Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu dan Yang Maha Layak Mengabulkan doa. Semoga shalawat dan salam-Mu selalu tercurah kepada Nabi Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya semua. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam.โ€ (L/RS2/P2)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments are closed.