Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Imaam Yakhsyallah Mansur: Mendidik Anak dengan Bismillah

kurnia - Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:20 WIB

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:20 WIB

8 Views ㅤ

Bogor, MINA – Imaam Muslimin Yakhsyallah Mansur mengatakan, bahwa mendidik anak dengan bismalah yang dimaksud dengan “Basmalah” ucapan Bismillahir Rahmanir Rahim, Agama Islam mengajarkan, bahwa setiap aktivitas diawali ucapan “Bismillahir-rahmanir-rahim

“Ibnu Katsir mengatakan bahwa para ulama mulai membaca kitabullah dengan basmalah dan para ulama sepakat, basmalah merupakan sebagian ayat dari surah An-Naml ayat 27,” kata Imaam Yakhsyallah Mansur dalam kegitaan ‘Haflah Akhirussanah Pelepasan Peserta Didik Kelas IV angkatan ke-29’ di Ponpes Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Sabtu (25/5).

Imaam Yakhsya menerangkan beberapa keutamaan membaca basmallah dan faedah yang banyak dalam kata tersebut, mengutip dari penjelasan Ibnu Katsir Rahimahullah.

“Sebab faidah penting dari kalimat basmalah ini adalah mencari berkah dengan berdzikir menyebut nama Allah. Makna kalimat ini adalah ‘saya memulai dengan menyebut nama Allah sebelum ucapan atau sebelum perbuatan yang hendak saya lakukan,” kata Imaam Yakhsyallah Mansur.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

“Sehingga di dalamnya terkandung faidah mencari keberkahan dari Allah ketika memohon pertolongan kepada-Nya. Demikian ini makna penjelasan yang disampaikan oleh Imam Ibnu Katsir rahimahullah dalam tafsirnya,” ujarnya.

Dua faidah basmallah ini sangat baik apabila diterapkan dalam aktivitas pendidikan. Seseorang pendidik hendaknya selalu meminta bantuan (isti’anah) kepada Allah dan merasa bahwa Allah menyertai atau membersamainya (mushahabah).

“Aktivitas pendidikan seseorang akan selalu maksimal dan berhati-hati apalagi dalam pendidikan yang kita cari adalah keberkahan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala, selalu ingat (berdzikir) kepada Allah.

Adapun arti berkah dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah adalah langgengnya kebaikan atau bertambahnya kebaikan sehingga seluruh aktivitas pendidikan kebaikannya selalu bertambah dan langgeng. []

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: LTM PBNU Gelar Pelatihan Digital untuk 400 Takmir Masjid Se-Jabodetabek

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia