Imaam Yakhsyallah Sampaikan 10 Langkah Wujudkan Kesatuan Umat

Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Pembina Utama Sekolah Tinggi Shuffah Al-Qur’an Abdullah Bin Mas’ud (), mengatakan, setidaknya ada 10 langkah untuk mewujudkan kesatuan umat sebagai implementasi .

Hal itu disampaikan oleh Yakhsyallah saat menjadi pembicara kunci dalam acara Kuliah Umum STSQABM bersama Wakil Ketua , pada Senin (25/2), di Masjid An-Nubuwwah di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatah, Dusun Muhajirun, Lampung Selatan.

Kuliah Umum tersebut mengambil tema “Membedah Tuntas Empat Pilar Kebangsaan dalam Perspektif NKRI, Warisan Berharga para Ulama dan Syuhada.”

“Untuk dapat terwujudnya kesatuan dan persatuan dalam Al-Quran Surat Assyura ayat 15 menyebutkan yang harus dilakukan adalah dakwah atau menyampaikan,” katanya.

Baca Juga:  Aktivis HAM Terkemuka Luncurkan Kampanye Global Boikot Israel

Langkah kedua adalah istiqomah, Ketiga, tidak mengikuti hawa nafsu atau berbuat semaunya sendiri tanpa mengindahkan aturan yang berlaku.

Keempat, lanjut dia, beriman kepada apa yang diturunkan Allah berupa Al-Quran sebagai pedoman hidup dalam keseharian kita.

Kemudian kelima, agar manusia bisa berlaku adil kepada sesamanya tidak memandang suku, agama, ras, dan jabatan.

Pembina Utama Pondok Pesantren Al-Fatah se-Indonesia itu melanjutkan, keenam langkah selanjutnya adalah mengakui Allah sebagai Tuhannya, penciptanya yang mengatur segala sesuatu yang ada di dunia ini.

Ketujuh, meningkatkan dan memaksimalkan kinerja.

Kedelapan, hindari perdebatan karena melakukan sesuatu yang lebih baik merupakan anjuran dan sunah dari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam.

“Melakukan sesuatu yang nyata itu lebih baik dari pada memperdebatkan sesuatu atau hanya omong saja,” tegasnya.

Baca Juga:  Mahasiswa UII Sampaikan Lima Poin Pembelaan untuk Palestina

Kesembilan, berkumpul atau berjamaah. Dia menyebutkan, Allah akan mengumpulkan dan menyatukan kita kelak di akhirat, maka sejak di dunia sebaiknya umat Islam harus bersatu, agar Allah menyatukan kita kelak.

“Dengan berjamaah rahmat turun, dan berpecah belah Allah akan menurunkan azab,” tambahnya.

Kesepuluh, hanya kepada Allah tempat kita kembali.(L/cha/B01/R01).

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.