IMAAMUL MUSLIMIN : DELAPAN CIRI GENERASI TERBAIK PEWARIS PARA NABI

Imaamul Muslimin, KH. Yakhsyallah mansur, MA saat menyampaikan tausiyahnya pada Tabligh Akbar Jama'ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Lampung, di Masjid At-Taqwa Kompleks Ma'had Al-Fatah Al-Muhajirun, Lampung, Ahad, (29/3).Photo : Hadis/MINA.
Imaamul Muslimin, KH. Yakhsyallah mansur, MA saat menyampaikan tausiyahnya pada Tabligh Akbar Jama'ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Lampung, di Masjid At-Taqwa Kompleks Ma'had Al-Fatah Al-Muhajirun, Lampung, Ahad, (29/3).Photo : Hadis/MINA.
Imaamul Muslimin, KH. Yakhsyallah mansur, MA.Photo : Hadis/MINA.

Bandar Lampung, 2 Rajab 1436/20 April 2015 (MINA) –  Imaamul Muslimin Jama’ah Muslimin (Hizbullah) KH. Yakhsyallah Mansur, MA mengatakan, ada delapan ciri yang harus dimiliki generasi terbaik pewaris para Nabi.

Ini disampaikan Yakhsyallah dihadapan ratusan santri pada acara Haflah Tasyakur Madrasah Aliyah di Ma’had Al-Fatah Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Ahad, (19/4).

“Ciri pertama yang harus dimiliki generasi terbaik umat adalah memegang Al-Qur’an dengan kuat, Ahli tafsir memaknai ini dengan mempelajari, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an, “ katanya.

Menurutnya, kemanapun berada, hendaknya generasi terbaik ini membawa Al-Qur’an, minimal untuk menghambatnya bermaksiyat kepada Allah.

Lalu ciri yang kedua menurutnya, dibekali dan diberikan pemahaman agama yang benar sejak dia kecil.

“Maka mulai sekarang, tidak ada kata terlambat, hendaknya kalian memahami agama ini dengan benar, “ ujarnya.

Kemudian selanjutnya yang ketiga yaitu memiliki rasa belas-kasihan yang mendalam pada semua makhluk Allah, tumbuhan, binatang,

“Pesantren tidak pernah mengajarkan kekerasan, jadi tidak benar kalau mengatakan pesantren sarang teroris. Buktinya tidak pernah ada anak pesantren tawuran, tetapi masih ada orang yang memfitnah macam-macam pesantren, “ kritiknya.

Yang ke-empat, bersih dalam arti fisik dan jiwa, lalu ke-lima takwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Maka hendaknya kalian berhati-hati dalam setiap langkah tindakan dan perbuatan, ini salah satu makna takwa, “ tegasnya.

Lalu ciri berikutnya generasi terbaik ini memiliki rasa sangat berbakti kepada kedua orang tua, serta ke-tujuh yakni tidak sombong dengan ilmu yang dia punya.

Yakhsyallah menutupnya dengan ciri yang ke-delapan yakni jangan banyak maksiyat kepada Allah.

“Maksiyat akan membuat ilmu kita buntu, maka  Imaam Syafii ketika hafalannya banyak yang hilang, gurunya  menyarankan agar beliau meninggalkan maksiyat, “ ujarnya.

Kalau delapan point ini bisa dilaksanakan oleh generasi terbaik Al-Fatah ini, maka Insya Allah akan memuaskan Allah, memuaskan seluruh umat manusia terutama bangsa Indonesia yang sedang membangun ini.

“Mudah-mudahan Allah meridhoi kalian dalam menemukan jalan yang diridhoi menuju lautan kehidupan yang luas, dengan ucapan bismillah berangkat dan berlabuhnya kapal kalian saya lepas untuk menjuju lautan kehidupan yang memang tidak mudah. Percayalah imaam berdoa untuk kalian dan direlung hati ini untuk kalian, “ tutupnya. (L/K08/P2)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0