INASGOC Gelar CDM Seminar Asian Games 2018 Perlihatkan Kesiapan Tuan Rumah

Konferensi pers jelang . (Foto: Rana/MINA)

Jakarta, MINA – Panitia Pelaksana Asian Games 2018 () menggelar Chefs de Mission (CDM) Seminar membahas dua hal utama dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, yakni cabang olahraga serta venue pertandingan di Jakarta, 13-14 Desember 2017.

Pada seminar yang diikuti 119 delegasi, mewakili 44 Komite Olimpiade Nasional (NOC), Dewan Olimpiade Asia (OCA), serta dua tim peninjau dari tuan rumah Asian Games 2022, Hangzhou, Cina, dan 2026 Aichi Nagoya, Jepang akan membahas sejumlah agenda penting berkaitan saat Games Time.

Ketua Pelaksana Asian Games 2018, menjelaskan seminar membahas mulai dari pergerakan kontingen sejak mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, sistem transportasi, akreditasi, fasilitas wisma atlet, hingga kesiapan venue, baik untuk pertandingan maupun latihan.

“Chefs de Mission Seminar, boleh dibilang merupakan inisiasi dari pelaksanaan Asian Games 2018. Para perwakilan NOC yang berkepentingan terhadap kontingen maupun anggota delegasinya akan mendapat gambaran yang jelas dan menilai sejauh mana kesiapan kita menjadi tuan rumah,” katanya saat konferensi pers Rabu (13/12).

Erick menyebutkan momen pelaksanaan CDM Seminar ini tepat digelar pada akhir tahun 2017, atau sebelum masuk tahun 2018. Pertama, cabang, disiplin, dan nomor pertandingan yang akan digelar sudah final. Kedua, beberapa venue penting, seperti yang ada di kawasan Gelora Bung Karno sudah diresmikan Presiden Joko Widodo.

Pesta olahraga bangsa Asia yang akan berlangsung pada 18 Agustus – 2 September 2018 dipastikan akan menggelar 40 cabang olahraga, 67 disiplin, dengan 462 nomor pertandingan. Jumlah cabang itu terbagi atas 20 olahraga olimpiade, 4 olahraga olimpiade baru, dan 8 non oelahraga olimpiade.

Dalam kegiatan selama dua hari, hadir beberapa perwakilan penting OCA. Antara lain, Hon. Life Vice President of OCA, Wei Jizhong, Direktur Jenderal dan Direktur Teknikal Husain Al-Musallam, Direktur Internasional dan Hubungan NOOC Vinod Tiwari, dan Direktur Urusan Asian Games Haider Farman.

Di Jakarta, para perwakilan NOC Asia itu akan meninjau dua lokasi pertandingan di kawasan dalam dan luar Gelora Bung Karno (GBK). Mereka juga akan meninjau Stadion Utama di Senayan yang merupakan tempat upacara pembukaan dan penutupan Asian Games, serta arena cabang atletik, lapangan panahan, hoki, Istora, dan Akuatik GBK.

Sementara di luar GBK, mereka akan melihat wisma atlet di Kemayoran, venue equestrian Pulomas, velodrome Rawamangun, dan Stadion Pakansari di Cibinong. Selain itu, kunjungan ke Palembang akan difokuskan di Jakabaring Sports City. (L/R01/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.