INDHEX 2014 UPAYA PERCEPATAN INDONESIA SEBAGAI PUSAT HALAL

INDHEX_2014

INDHEX_2014Jakarta, 16 Dzulqa’dah 1435/11 September 2014 (MINA) – Internasional Halal Expo (INDHEX) 2014 digelar untuk membangun masyarakat loyal produk halal dan upaya melakukan percepatan terwujudnya Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia, baik pada standar mau pun sistem sertifikasinya.

“Kita ingin memperkenalkan produk-produk halal Indonesia untuk diekspor ke negara-negara tujuan,” kata Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Lukmanul Hakim kepada wartawan Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Kantor MUI Pusat Jakarta, Rabu.

Menurutnya, potensi produk halal di Indonesia sangat besar. Menurut laporan dari Timur Tengah, Lukman menyatakan, Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor produk halal terbesar ke negara-negara Timur Tengah.

Selain itu, LPPOM MUI sebagai satu-satunya lembaga sertifikasi halal di Indonesia dan menjadi rujukan internasional telah membuat standar persyaratan sertifikasi halal dalam bentuk buku seri HAS 23000 yang mencakup pedoman untuk produk pangan dan olahan, restoran dan RPH.

HAS 23000 itu kemudian dijadikan standar dalam forum internasional World Halal Food Council (WHFC).

Rencananya, INDHEX yang keempat kalinya itu akan dilaksanakan pada 22-25 Oktober 2014 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Rangkaian acara yang akan diadakan yakni expo produk halal, Global Halal Forum, Halal Award 2014, training halal bertaraf internasional, simposium dan kongres International Halal Research, talkshow, kompetisi halal dan masih banyak lainnya.

Untuk peserta INDHEX 2014 akan dihadiri oleh produsen halal dari dalam dan luar negeri, lembaga sertifikasi halal luar dan dalam negeri, UKM dari seluruh provinsi di Indonesia, instansi atau perusahan terkait, lembaga profesi, akademisi dan media.

INDHEX merupakan program regular tahunan yang digelar oleh LPPOM MUI bekerjasama dengan beberapa kementerian dan lembaga halal internasional.

INDHEX pertama kali dilaksanakan 24-26 Juni 2011 di Gedung SMESCO Jakarta, diikuti oleh 128 perusahaan dari dalam & luar negeri dengan jumlah pengunjung 8.316 orang. INDHEX 2012 digelar pada 5-8 Juli 2012 di tempat yang sama.

Pada tahun 2013 INDHEX di gelar di lokasi yang sama dengan tahun ini diikuti 150 perserta dalam dan luar negeri. Dihadiri 12.285 pengunjung, yang terdiri dari eksportir, distributor ritel, hotel dan restoran, industri perbankan, institusi pemerintah, lembaga halal dunia, agen dan professional.(L/P010/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0