Indonesia Akan Sertakan 20 Atlet Pencak Silat di SEA Games 2023

(Doc. Tim Indonesia Official/Instagram)

Jakarta, MINA – Indonesia akan menurunkan 20 atlet di ajang SEA Games ke-22 yang digelar di Kamboja pada 5-17 Mei 2023 mendatang.

Sebanyak 20 atlet ini terdiri dari berbagai kelas yang nantinya akan diturunkan di 17 dari total 22 nomor pertandingan. Demikian keterangan yang dilansir akun Tim Indonesia Official di Instagram, Senin (10/4).

Para atlet yang dipanggil tersebut saat ini tengah menjalani pemusatan latihan sejak tahun lalu di Padepokan Pencak Silat di kawasan TMII, Jakarta Timur.

Sesuai regulasi, hanya Kamboja selaku tuan rumah yang boleh tampil di semua nomor yang dipertandingkan di cabor pencak silat.

“Hanya tuan rumah (Kamboja) yang bisa tampil di semua nomor. Peserta lainnya, termasuk Indonesia, hanya boleh (mengikuti) maksimal 17 (nomor),” kata Pelatih Kepala Pencak Silat Tim Indonesia Indro Catur Haryono saat dikunjungi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari.

Baca Juga:  BPBD Bekasi Setuju Adanya Forum Penanggulangan Bencana di Tingkat Kecamatan

Indro juga mengatakan, dari seluruh atlet tersebut 13 orang di antaranya akan dipersiapkan untuk turun pada kategori tanding. Sementara tujuh orang lainnya akan turun pada kategori seni.

“Tim pencak silat Indonesia sudah mempersiapkan diri sejak Oktober 2022 lalu,” ujar Indro.

Tim pencak Silat Indonesia sebelumnya sudah menjalani sejumlah uji coba di Bali dan Solo. Mereka juga menjalani uji coba terakhir pada Maret kemarin.

Pencak silat merupakan beladiri asli Indonesia. Beladiri ini bahkan sudah diakui oleh UNESCO sebagai intangible cultural heritage atau warisan budaya tak benda.

Demi menjaga gengsi tersebut, Indonesia menargetkan meraih banyak medali lewat cabang olahraga pencak silat di SEA Games Kamboja nanti. (R/R11/P1)

Baca Juga:  UIN Ar-Raniry Diharapkan Jadi Penggerak Moderasi Beragama

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.