Indonesia-Aljazair Jajaki Kerja Sama Bidang Keagamaan

 

Menag Lukman Hakim Saifuddin menerima Dubes Al Jazair Safira Machrusah, Jumat (20/10). (Foto: Sugito / Kemenag)

Jakarta, MINA – Indonesia dan Aljazair menjajaki kerja sama bidang keagamaan. Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pihaknya secara prinsip terbuka untuk jajaki kerja sama dengan Aljazair.

“Prinsip dasarnya, kami terbuka. Teknis waktunya menyesuaikan,” respon Menag saat menerima kunjungan Dubes RI untuk Aljazair Safira Machrusah di Jakarta, Jumat (20/10).

Kedatangan Dubes yang juga putri Kiai Tolchah Mansoer ini, ingin menindaklanjuti berbagai kesepakatan yang telah dicanangkan kedua negara untuk meningkatkan hubungan bilateral melalui peningkatan kerja sama di bidang pendidikan dan keagamaan.

Menurut Safira, di sektor pendidikan Indonesia dan Aljazair telah melaksanakan program pertukaran mahasiswa dan berencana untuk melaksanakan kerja sama di bidang pendidikan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Demikian laman Kemenag melaporkan.

Dalam kunjungannya, Dubes menyampaikan keinginan Menteri Agama dan Wakaf Aljazair untuk memperbaharui kesepakatan (MoU) yang telah disepakati sejak tahun 1995 silam yang telah terjalin sebelumnya dengan menambahkan bidang kerjasama selain beasiswa, yakni menjajaki kerja sama (sharing of knowledge) terkait pengelolaan haji, seminar dengan tema deradikalisasi, pertukaran ulama, pertukaran imam, dan pertukaran peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Menag menyambut baik rencana kerja sama dengan Kementerian Agama Aljazair. Menag menyarankan agar segera melakukan tindak lanjut atas rencana kerjasama tersebut menjelang pelaksanaan MoU yang direncanakan akan ditandatangani tahun 2018 mendatang.

“Sambil menunggu penandatanganan MoU, sudah bisa diantisipasi apa saja di antara isi MoU itu yang bisa ditindaklanjuti dan direalisasikan,” ujar Menag.

Salah satu agenda yang bisa dilaksanakan misalnya, program pertukaran ulama, seminar deradikalisasi, atau pertukaran mahasiswa. Dalam kesempatan tersebut Menag didampingi oleh Plt Direktur DIKTIS Imam Syafei dan Sekretaris Menteri Khoirul Huda Basyir. (R/R09/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.