Indonesia Beri Pelatihan Kepolisian ke Negara Tuvalu

Kemlu RI dan Mabes Polri berikan pelatihan kepolisian ke Tavalu (foto: dok/Kemlu RI)

Funafuti, MINA – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dan Kepolisian Republik Indonesia memberikan bantuan pelatihan kepolisian International Training on Public Order Management for Tuvalu yang diselenggarakan di Funafuti, Tuvalu pada 22– 24 Juli 2019. ​

Menurut siaran pers Kemlu RI, Selasa (23/7), langkah tersebut merupakan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pacific Islands Forum (PIF) ke-50.

Pelatihan ini dibuka pada Senin (22/7) oleh wakil dari Direktorat Kerja Sama Teknik, Kemlu dan dihadiri oleh wakil-wakil dari Kepolisian Tuvalu, Kemlu Tuvalu, Kemlu RI dan tim Kepolisian RI serta 40 peserta pelatihan.

Pada sambutan pembukaannya, Wakil dari Direktorat Kerja Sama Teknik menyampaikan, pelatihan kepolisian ini merupakan salah satu komitmen bantuan Indonesia kepada Tuvalu dalam kerangka Selatan-Selatan.

Diharapkan agar pelatihan ini dapat meningkatkan hubungan persahabatan Indonesia-Tuvalu, serta membuka peluang kerjasama di bidang lainnya.

Sementara wakil dari Komisi Kepolisian Tuvalu menyampaikan apresiasinya atas pemberian pelatihan kepada Kepolisian Nasional Tuvalu tersebut yang dianggap sebagai wujud persahabatan dan solidaritas yang ditunjukkan Indonesia secara nyata untuk membantu Tuvalu menyukseskan penyelenggaraan KTT PIF ke-50.

Pelaksanaan pelatihan tersebut dipandang tepat waktu dalam menjawab kebutuhan Tuvalu sebagai tuan rumah KTT PIF 2019. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)