Indonesia Dukung Timor Leste Jadi Anggota ASEAN

Jakarta, MINA – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf mengatakan, Indonesia mendukung penuh pencalonan Republik Demokratik sebagai Anggota Asosiasi Negara-negara se-Asia Tenggara ().

Demikian diungkapkan Nurhayati usai mendampingi Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan Pimpinan DPR RI lainnya menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Francisco Guterres Lu Olo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (29/6).

“Indonesia selalu mendukung pencalonan Timor Leste ke ASEAN, sementara di tingkat legislatif kami juga berharap Parlemen Timor Leste bisa aktif di forum antarparlemen seperti AIPA dan IPU,” kata Nurhayati.

Dikutip dari rilis DPR, ia menuturkan, Indonesia akan selalu membuka diri terhadap Timor Leste, dengan adanya komitmen bersama untuk saling mendukung di tingkat eksekutif maupun legislatif. Termasuk hubungan kedua parlemen yang diharapkan semakin baik.

Sebagai bentuk dukungan Indonesia, parlemen Indonesia turut mengundang parlemen Timor Leste agar hadir dalam Forum Parlemen Dunia ke-II yang akan diselenggarakan di Bali pada 12 – 13 September mendatang.

“Forum tersebut merupakan inisiasi DPR RI demi tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs),” pungkasnya. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.