Indonesia Jadi Tuan Rumah Ajang Berkuda Internasional 2021

Jakarta, MINA – Indonesia secara resmi terpilih menjadi tuan rumah Kompetisi Show Jumping paling bergengsi di dunia, .

Menpora RI Zainudin Amali mendukung penuh ajang internasional yang akan bergulir pada September mendatang dan berharap Indonesia bisa sukses mengukir prestasi. Demikian dalam keterangan pers yang diterima MINA, Rabu (13/1).

Hal tersebut disampaikan Menpora RI saat menerima kunjungan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi), Triwatty Marciano di Kemenpora, Jakarta.

Menpora mengatakan, tidak hanya sisi prestasi, ia juga ingin Indonesia sukses dalam hal penyelenggaran.

“Terima kasih atas kedatangannya Bu Ketum (Triwatty). Saya menyambut baik atas apa yang telah dilakukan Pordasi. Indonesia menjadi tuan rumah Final FEI Jumping World Challenge,” katanya.

Diakui, proses Indonesia untuk menjadi tuan rumah tidak mudah. Pordasi telah bekerja keras untuk bisa memenangkan bidding. Untuk itu, Menpora mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan Pordasi. Berlokasi di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), kejuaraan ini nantinya akan diikuti 25 negara.

“Saya apresiasi langkah dari Pordasi ini. Proses untuk menjadi tuan rumah tidak gampang. Tentunya sangat baik ya. Sekaligus kejuaraan ini bisa mempromosikan bahwa Indonesia siap menggelar kejuaraan kepada negara-negara lain,” ujar Menpora.

“Saya harap olahraga ini bisa populer ditengah masyarakat, seperti halnya olahraga sepak bola, basket, dan voli. Sekali lagi, kita harus dorong dan mempromosikan olahraga ini bahwa Indonesia punya tim yang baik. Saya apresiasi semangat ketua umum ini sangat luar biasa. Sepanjang apa yang memungkinkan sesuai aturan akan kita dukung. Tentu ada aturan-aturan yang harus kita patuhi. Saya harap prestasi ini sama-sama kita perhatikan, apalagi kita menjadi tuan rumah,” tambahnya.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi), Triwatty Marciano menyambut baik dukungan dari Menpora RI Zainudin Amali.

Menurutnya, ini merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia yang secara resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Final FEI Jumping World Challenge (JWC) 2021.

“Terima kasih Pak Menpora RI, ini merupakan suatu kehormatan menjadi tuan rumah. Terima kasih atas dukungannya, semoga ini menjadi kebanggaan yang nantinya akan menjadi barometer untuk kita membantu Indonesia bidding Olimpiade 2032,” kata Triwatty.

Menurut Triwatty, Indonesia akan meraih prestasi serta sukses sebagai penyelenggara. Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan atlet untuk bisa mengikuti kejuaraan single event internasional tersebut.

“Jadi nanti itu lokasi penyelenggaraannya sangat memungkinkan memenuhi syarat dan tentunya menerapkan protokol kesehatan. Setiap negara nantinya akan mengirimkan atletnya saja dan nanti untuk kudanya akan kita persiapkan. Nanti juga harus wajib menerapkan protokol kesehatan. Kesiapan venuenya, tentunya memenuhi syarat,” tambahnya.

Dukungan penuh juga datang dari KONI Pusat. Sekjennya, Ade Lukman menyampaikan hal itu dalam pertemuan tersebut.

“KONI Pusat turut mendukung penuh kejuaraan ini. Kita juga mendukung terwujudnya prestasi serta penyelenggaraan nantinya. Kami melihat, ini juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan kesiapan ke tingkat yang lebih tinggi,” katanya. (R/R11/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)