Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022

(Timnas Indonesia juara Piala AFF U-16 2022. Foto: doc.PSSI)

Sleman, MINA – Timnas Indonesia sukses menjadi juara 2022. Di partai final, Garuda Asia mengalahkan Timnas Vietnam dengan skor 1-0.

Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8) malam, Indonesia tampil apik sepanjang 90 menit. Di babak pertama, gol bisa didapat jelang turun minum, lewat sepakan Kafiatur Rizky.

Di babak kedua, dominasi Indonesia masih berlanjut atas Vietnam. Keunggulan bisa dipertahankan sampai laga tuntas. Kemenangan 1-0 memastikan Indonesia juara Piala AFF U-16 2022.

Selain itu, Kapten Timnas Indonesia U-16 Muhammad Iqbal Gwijangge turut jadi Pemain Terbaik Piala AFF U-16 2022.

Iqbal terpilih sebagai pemain terbaik setelah Indonesia juara Piala AFF U-16 2022 dengan menumbangkan Vietnam 1-0 pada laga final di Stadion Maguwoharjo.

Pemain asal Bandung tersebut adalah salah satu pilar dari tim asuhan Bima Sakti pada turnamen ini. Iqbal selalu dimainkan Bima Sakti pada setiap pertandingan Indonesia di Piala AFF U-16 2022.

Bagi Indonesia, ini gelar keduanya di ajang Piala AFF U-16. Trofi pertama diraih empat tahun lalu, saat juga berstatus tuan rumah. Sementara Vietnam jadi runner up dan gagal membuat sejarah, mereka masih bertahan dengan tiga gelar, sama dengan Thailand.

Sementara itu pada peringkat ketiga diberikan kepada Thailand yang menghajar Myanmar 3-0 sebelum pertandingan final.

Jalannya pertandingan

Gol tercipta saat jelang istirahat. Rizdjar Nurviat melepaskan umpan tarik, dan diterima Kafiatur Rizky. Dengan sekali gocekan, Kafiatur bisa melepaskan sepakan kaki kiri, dan mengirim bola masuk ke gawang Vietnam menit ke 45+2. Indonesia unggul 1-0 saat jeda.

Di menit-menit akhir, tekanan bertubi-tubi dilancarkan Vietnam, yang memburu gol. Namun, barisan belakang Indonesia juga masih bisa memetahkannya, termasuk aksi Andrika yang bisa menangkap sepakan Phan Thanh Duc Thien di depan gawang pada menit ke-89.

Drama sempat terjadi di pinggir lapangan, ketika staf pelatih Vietnam ada yang protes keras. Wasit Xaypaseth Phongsanit asal Laos tak segan langsung memberinya kartu merah.

Tensi panas juga merembet ke lapangan, di masa injury time. Pemain kedua tim sempat ribut, menyusul dorongan pemain Vietnam. Namun, keributan bisa segera dilerai.

Hingga laga bubar, tak ada gol tambahan tercipta. Indonesia menang 1-0 atas Vietnam, dan keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022.

Susunan pemain:

Vietnam:
Pham Dinh Hai, Le Nguyen Quoc Kien, Vi Dinh Thuong, Le Thang Long, Nguyen Huu Trong, guyen Cong Phuong, Le Duc Phat, Le Dinhj Long Vu, Ngiyen Trung Nguyen, Bui Hoang Son, Phan Thanh Duc Thien

Indonesia:
Adrika Fathir, Rizdjar Nurviat [Seva Rangga 88′], Sulthan Zaky, Habil Abdillah, Iqbal Gwijangge, Riski Afrisal, Achmad Zidan [Femas Aprian Crespo 54′], Kafiatur Rizky [Hanif Ramadhan 88′], Figo Dennis [Narendra Tegar 77′], Arkhan Kaka, Nabil Asyura [Waliy Marifat 77′].
(L/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.