Indonesia Open Aquatic Championship 2022 Resmi Digelar

(Doc. Kemenpora)

Jakarta, MINA – Ajang turnamen (IOAC) 2022 setelah sempat vakum dua tahun karena pandemi covid-19, berlangsung di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta, mulai 12-19 Desember 2022.

Ajang tersebut melombakan empat cabang disiplin olahraga yakni renang (12-15 Desember), polo air (12-16 Desember), loncat indah (16-19 Desember), renang artistik (17-19 Desember) dan renang master (18 Desember).

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI), Anindya Bakrie dengan bangga membuka IOAC 2022. Demikian keterangan tertulis, Selasa (13/12).

Dia berterima kasih dukungan dari pemerintah dalam mendorong olahraga renang masuk dalam desain besar olahraga nasional (DBON).

“Usai Pandemi Covid, kita kembali bisa menggelar IOAC. Terima kasih atas dukungannya pak menteri BUMN dan Menpora. Kami sadar, dan mengapresiasi bahwa pemerintah di bawah pak Joko Widodo renang masuk dalam DBON,” kata Anindya.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, yang hadir dalam pembukaan IOAC 2022 berharap turnamen ini dapat menjaring bibit-bibit baru untuk menjadi atlet Olimpiade ke depan.

“Salah satu pilihannya adalah cabang olahraga renang. Itulah sebabnya, saya menyambut baik apalagi informasi dari PRSI sekarang ini Tim Nasional (Pelatnas) Indonesia punya pelatih yang bagus. Oleh karena itu saya mendukung semua program yang dilakukan oleh PRSI,” ujar Menpora.

Sedangkan dari turnamen yang berlangsung, dua kelompok umur berbeda langsung mencetak rekor nasional.

Rekornas pertama datang dari perenang putri pelatnas, Adelia Putri, di kelompok 16-18 tahun pada nomor 50 meter gaya dada putri dengan catatan 32,74 detik.

Adelia memecahkan rekornas dengan mempertajam catatan miliknya terdahulu 33,05 detik yang tercipta pada Juli lalu tahun ini.

Kemudian di rekornas kelompok 14-15 tahun datang dari perenang putra, Arya Adrean Putra Haryono. Ia memecahkan rekornas di nomor 50 meter gaya dada putra dengan catatan 29,81 detik.

Rekor sebelumnya dimiliki Dwi Arjuni Saputro dengan catatan 30,16 detik pada 2018 lalu. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)