Indonesia-Polandia Tingkatkan Kerjasama

(Foto: Parlementaria)

 

Jakarta, MINA – Indonesia dan Polandia siap meningkatkan kerjasama bilateral di berbagai bidang terutama di tiga sektor utama yang akan menjadi prioritas yakni pertanian, pertahanan dan pendidikan. Demikian Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon saat menerima delegasi Polandia dipimpin Ketua Senat Polandia Stanislaw Karczewski di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (06/10).

Delegasi Polandia terdiri dari Ketua dan Anggota Komisi Peraturan dan Etika Senator Polandia, Wakil Ketua Komisi Pertanian serta Dubes Polandia untuk RI.

“Indonesia-Polandia sangat dekat, dari bendera saja hampir sama yaitu merah dan putih. Kami harapkan hubungan bilateral kedua negara bisa terus ditingkatkan demikian juga dengan hubungan antarparlemen,” kata Fadli sebagaimana laman Parlementaria yang dikutip MINA.

Untuk menindaklanjuti hal itu, lanjut Fadli, dalam waktu dekat Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Indonesia-Polandia akan berkunjung ke negara yang beribukota Warsawa tersebut.

Polandia merupakan mitra negara yang penting bagi Indonesia. Mengingat, hubungan baik telah terjalin selama 62 tahun, kedua negara berpeluang meningkatkan kerjasama, mulai dari pertanian, perdagangan alutsista, pendidikan, pariwisata, hingga ekonomi kemaritiman.

Di bidang pendidikan, keduanya sepakat membuka peluang untuk meningkatkan pertukaran pelajar. Saat ini, jumlah mahasiswa asal Indonesia yang menimba ilmu ke Polandia masih sedikit. Ke depan, Polandia patut dipertimbangkan sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi, begitupun sebaliknya.

“Ini bidang-bidang yang sangat memungkinkan untuk kerjasama antara kedua negara, dalam waktu dekat juga akan ada kunjungan dari GKSB Indonesia-Polandia dipimpin Ketua GKSB Imam Suroso,” imbuh politisi Gerindra ini.

Sementara itu, Ketua Senat Polandia mengatakan Indonesia dan Polandia memiliki banyak kesamaan, selain kemiripan lambang negara, Polandia juga mencintai kemerdekaan dan kedaulatan. Karena itu, ia mendorong kedua negara bisa meningkatkan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan wilayah.

“Semua isu-isu ini sudah dibahas secara detail dengan pihak terkait, tetapi yang terpenting bagaimana kita menciptakan iklim kondusif untuk melakukan pembicaraan selanjutnya,” papar Stanislaw.

Ia juga menyampaikan, kunjungannya ke DPR merupakan pertemuan terakhir dari serangkaian kegiatan Delegasi Polandia selama di Indonesia. Sebelumnya delegasi telah melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak seperti Menteri Perdagangan, Menko Maritim, Menteri Pertahanan, Menteri Luar Negeri, dan Menteri Pertanian.

“Pembicaraan dilakukan sangat produktif, saya yakin bahwa hasil pembicaraan tersebut akan sangat baik dan bisa dimanfaatkan kedua negara kita,” tutur Stanislaw. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.