Indonesia Raih Enam Medali Emas, Adelia Persembahkan Emas Pertama

Semarang, MINA – Perenang Adelia berhasil mempersembahkan emas pertama untuk Indonesia pada ajang ASEAN Schools Games (ASG) 2019.

Perhelatan ASG 2019 berlangsung di Semarang, Jawa Tengah, dimulai pada Jumat (19/7) yang diikuti 10 negara di Asia Tenggara dan akan berakhir pada 25 Agustus.

Perenang asal Bandung ini turun pada cabang olahraga (Cabor) di nomor 50 meter gaya dad. Ia finis tercepat dengan catatan waktu 33,81 detik, disusul atlet Filipina Thanya Angelyn dan di posisi tiga wakil Thailand, Phurichaya Junyamitre.

“Bangga dan terharu, ini baru dikasih tau kalau ini emas pertama untuk Indonesia. Mudah-mudahan medali emas Indonesia terus bertambah,” ujar Adelia usai pengalungan medali.

Torehan medali emas di ASG ini, akan menjadi motivasi Adelia meraih prestasi lebih tinggi lagi. Salah satu bersiap menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

Raihan emas Adelia ini ternyata mampu diikuti oleh atlet renang Indonesia lainnya, yaitu Farrel Armando Thang yang turun di nomor 200 meter gaya punggung putra. Emas juga dipersembahkan nomor 4×200 meter gaya bebas ganti putri lewat Prada Hanan Farmadini, Angel Gabriella Yus, Fauziyyah Rahma P dan Febriana Wahyu Wijayanti.

Begitu juga dari lintasan atletik di Stadion Tri Lomba Juang. Ada tiga emas yang sukses diraih pada hari kedua setelah pembukaan kejuaraan khusus pelajar itu. Emas dipersembahkan oleh Dewa Radika Syah dari nomor 400 meter dengan catatan waktu 48,38 detik.

Selain itu, medali emas dari cabang atletik juga dipersembahkan oleh atlet lompat jauh Ahmad Hambali Sukur. Selain itu, dari nomor Mix 4x100m melalui Adith Rico Pradana, Izrak Udjulu, Raden Roselin Fikananda, Erna Nuryanti.

Dengan hasil tersebut, kontingen Indonesia saat ini berada di posisi kedua klasemen sementara ASG 2019 dengan raihan enam emas, tiga perak dan enam perunggu. Untuk puncak klasemen dipegang Thailand dengan enam emas, tujuh perak dan delapan perunggu. (R/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)