Indonesia Sambut Baik Perkembangan Pencak Silat di Uzbekistan

Jakarta, MINA – Dubes RI untuk Uzbekistan, Sunaryo Kartadinata menyatakan kebanggaannya karena mendukung perkembangan pencak silat di Uzbekistan untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara Indonesia dengan Uzbekistan di bidang olahraga.

Hal itu disampaikan Dubes Sunaryo saat berkunjung ke kantor Menpora Zainudin Amali di Jakarta. Demikian keterangan tertulis Kemenpora yang diterima MINA, Rabu (8/1).

“Terima kasih Pak Menpora yang mendukung dengan sangat luar biasa perkembangan pencak silat di Uzbekistan. Insya Allah dalam waktu dekat kita akan melakukan kerjasama kepemudaan dan olah raga,” katanya.

Menurutnya, pencak silat yang merupakan bela diri asli Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini sangat diminati oleh masyarakat Uzbekistan dari mulai usia dini sampai remaja. Berbagai turnamen pencak silat sering digelar di Uzbekistan. KBRI sendiri selalu diminta untuk memberikan dukungan dan membuka berbagai festival pencak silat di negara tersebut.

“Festival-festival pencak silat yang digelar di Uzbekistan akan menjadi kekuatan tersendiri bagi negara-negara Asia Tengah untuk mendorong agar pencak silat bisa dipertandingkan di  Olimpiade. Tidak hanya itu, melalui festival pencak silat ini akan menjadi bagian diplomasi bahwa pencak silat merupakan bela diri yang berasal dari Indonesia,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Menpora mengucapkan terima kasih sekaligus senang dengan perkembangan pencak silat di negara Uzbekistan dan Kirgistan.

“Pemerintah dalam hal ini Kemenpora menyambut baik kerjasama tersebut. Apalagi pemerintah Indonesia memang punya tujuan untuk membawa cabor pencak silat ini bisa masuk dalam pertandingan Olimpiade dan kita punya keinginan menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2032,” katanya.

“Sangat sayang apabila kita jadi tuan rumah Olimpiade tapi cabor pencak silat asli Indonesia tidak dipertandingkan. Cabor pencak silat ini bisa dipertandingkan apabila banyak negara yang sudah memiliki federasi pencak silat. Selain itu, melalui pencak silat ini akan mempererat hubungan Indonesia dengan Uzbekistan dan Kirgistan,” katanya. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.