Pencak Silat Indonesia Juara Umum di Sea Games 2023

(Doc. Instagram pribadi Iqbal Candra)

Jakarta, MINA – Tim nasional keluar sebagai pada cabang olahraga bela diri pencak silat yang dipertandingkan di Kamboja.

Pencak silat Indonesia berhasil menyumbangkan sembilan medali emas di SEA Games 2023. Dengan raihan itu, pencak silat Indonesia mampu melampaui target yang telah ditentukan.

“Dengan ini target juara umum di pencak silat bisa tercapai. Ini semua berkat doa masyarakat Indonesia, berkat izin Yang Di Atas, pencak silat Indonesia menjadi juara umum,” kata manajer timnas pencak silat Indonesia Wahyo Yuniartoto di Chroy Changvar Convention Center, Phnom Penh, Rabu (10/5) malam.

Tito Hendra Septa Kurnia memastikan emas pamungkas untuk Indonesia usai memenangkan laga di nomor tanding putra kelas E melawan wakil dari Thailand dengan skor telak 67-37.

Sementara itu, medali emas lainnya didapat melalui Iqbal Candra Pratama (tanding putra kelas F), Jeni Elvis Kause (tanding putri kelas C), Khoirudin Mustakim (tanding putra kelas A), Atifa Fismawati (tanding putri kelas D), Muhammad Zaki Zikrillah Prasong (tanding putra kelas B), dan Safira Dwi Meilani (Tanding Putri Kelas B).

Kemudian, medali perak didapatkan Suci Wulandari (tanding putri U45) Muhamad Yachser Arafa (tanding putra kelas C), Nia Larasati (tanding putri kelas E), Kadek Andrey Nova Prayada (tanding putra kelas D), Bayu Lesmana (tanding putra kelas U45, dan Ririn Rinasih/Riska Hermawan (ganda putri artistik).

Berdasarkan data dari NOC Indonesia, per Rabu (10/5/2023) malam pukul 22.35 WIB, kontingen Indonesia menempati urutan keempat klasemen SEA Games 2023. Indonesia sejauh ini telah mengantongi 123 medali, dengan rincian 36 medali emas, 31 perak, dan 56 perunggu.

Kontingen Indonesia masih memiliki kesempatan menambah perolehan medali SEA Games 2023 sebelum event ditutup pada 17 Mei mendatang.

Untuk sementara, klasemen medali SEA Games 2023 masih dikuasai oleh Vietnam. Kontingen Vietnam sudah mengemas 161 medali, dengan rincian 49 emas, 51 perak, dan 61 perunggu.

Tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja, menyusul di bawah Vietnam dengan total 139 medali (47 emas, 41 perak, 51 perunggu). Sementara, posisi ketiga ditempati Thailand dengan 136 medali, yang terdiri dari 47 emas, 36 perak, dan 53 perunggu. (L/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.