Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Suriah

sajadi - Jumat, 24 Februari 2023 - 10:16 WIB

Jumat, 24 Februari 2023 - 10:16 WIB

4 Views

Damaskus, MINA – Pemerintah Republik Indonesia melalui koordinasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada Pemerintah Suriah untuk membantu korban gempa.

Menurut keterangan pers KBRI Damaskus, Jumat (24/2), serahterima dilakukan secara simbolis oleh Letjen TNI (P) Sudirman, Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI, didampingi oleh Mayjen Fajar Setyawan, Deputi Bidang Penanganan Darurat, BNPB, Dubes RI Damaskus Wajid Fauzi, serta Direktur Timur Tengah, Kementerian Luar Negeri.

Bantuan tersebut diterima oleh Moutaz Douaji, Deputi Menteri Urusan Administrasi Lokal dan Lingkungan serta jajaran lembaga kemanusiaan Bulan Sabit Merah Suriah.

Bantuan Pemerintah RI disampaikan dalam bentuk uang sebesar USD 1 juta dan barang senilai USD 1.1 juta dengan total berat 75 ton. Bantuan dibawa dengan dua pesawat Garuda Indonesia yang mendarat di Damaskus, Suriah, pada 22 Februari pukul 11.50 waktu setempat.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

Bantuan terdiri antara lain dari pakaian, pakaian dingin, tenda, tempat tidur darurat, makanan, dan generator listrik.

Sebelumnya, Pemerintah Suriah secara resmi menyampaikan nota diplomatik permohonan bantuan kepada Pemerintah RI terkait gempa tersebut.

Pemerintah Suriah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah RI atas kepeduliannya dan menunjukkan persaudaraan yang erat antara kedua negara, walaupun secara geograsfis letak kedua negara berjauhan.

Gempa yang mengguncang utara Suriah 6 Februari lalu merenggut korban jiwa lebih dari 5.000 orang dan sejauh ini terkonfirmasi tidak ada Warga Negara Indonesia yang menjadi korban.

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

Duta Besar RI Damaskus juga sebelumnya telah menyalurkan logitsik bantuan kepada masyarakat Suriah di wilayah Latakia dan Aleppo. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: LTM PBNU Gelar Pelatihan Digital untuk 400 Takmir Masjid Se-Jabodetabek

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Indonesia
Palestina
Dunia Islam
Dunia Islam
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia