Indonesia Persiapkan Bantuan Medis sebesar USD 1 Juta untuk Sudan

Duta Besar (Dubes) RI untuk Sudan, Sunarko melakukan pertemuan dengan Menteri Kesehatan Sudan, Dr. Haitham Mohamed Ibrahim membahas persiapan pengiriman bantuan medis darurat sebesar USD 1 juta dari Pemerintah Indonesia pada Jumat (28/3/2024) di Port Sudan (foto: KBRI Khartoum)

Port , MINA – Duta Besar (Dubes) RI untuk Sudan Sunarko melakukan pertemuan dengan Menteri Kesehatan Sudan, Dr. Haitham Mohamed Ibrahim, membahas persiapan pengiriman bantuan medis darurat sebesar USD 1 juta dari Pemerintah Indonesia.

“Bantuan medis darurat dari Pemerintah Indonesia untuk Sudan merupakan cerminan persaudaraan dan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap Sudan. Pemerintah Indonesia berharap agar bantuan ini dapat meringankan beban yang dirasakan oleh masyarakat Sudan akibat konflik bersenjata.” tegas Sunarko dalam pertemuan yang berlangsung di kantor Kementerian Kesehatan Sudan, Port Sudan, Jumat (29/3).

Bantuan rencananya akan dikirim dari Jakarta menuju Port Sudan menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Delegasi misi bantuan kemanusiaan akan dipimpin langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto yang rencananya akan tiba di Sudan pada 4 April 2024.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut Dr. Haitham menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia atas bantuan berkelanjutan ini.

Meskipun terpisah jarak yang jauh, tapi Indonesia dan Sudan memiliki hubungan yang begitu dekat. Pada kesempatan ini Menkes Sudan juga menyampaikan harapan agar koordinasi kedua negara dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi semua pihak. ​ (R/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.