Indosat Serahkan Bantuan Penanganan COVID-19 Rp 5,7 M ke Pemprov DKI

Jakarta, MINA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) terus mendapat banyak dukungan dari semua pihak. PT Indosat menyerahkan bantuan senilai Rp 5,78 miliar untuk disalurkan dalam upaya penanganan virus Corona (COVID-19). Penyerahan yang disaksikan langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Kami di jajaran pemprov DKI terus berusaha memastikan pandemi ini sebisa mungkin berdampak kecil di masyarakat kita. Satu yang harus kita pastikan kita perlu kerja bersama untuk mengatasi tantangan ini. Saat pandemi ini berakhir, insya Allah dalam waktu dekat, lalu kita merasakan kita saling mendukung satu sama lain, dan saya berharap pandemi ini akan membuat masyarakat jakarta lebih kuat dan tangguh,” ucap Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa (5/5).

Ia menambahkan, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dinilai menunjukkan hasil positif. Meskipun demikian, tetap diperlukan kerja sama dari semua pihak untuk saling mendukung dan disiplin mengikuti aturan PSBB, demikian keterangan yang diterima MINA.

“Jadi intinya begini di satu sisi kota ini memberlakukan jarak sosial (social distancing) antar penduduk. Tetapi di sisi lain, jarak sosial ini harus diubah menjadi pembuat solidaritas sosial. Dan itulah gagasan utama dari platform KSBB ini,” tambahnya

Sementara itu, CEO Indosat, Ahmad Abdulaziz Al Neama menjelaskan, perusahaannya merasa terpanggil untuk berdonasi dan sangat terfasilitasi berkat adanya platform KSBB dari Pemrov DKI.

“Dengan adanya platform ini, kami jadi tahu sektor mana yang membutuhkan bantuan serta bantuan apa yang diberikan. Terlebih kami memang concern untuk memberikan bantuan kepada mereka yang di garda terdepan penanggulangan COVID-19, misalnya tenaga medis,” ujar Ahmad.

Bantuan sebesar Rp 5,78 miliar tersebut akan disalurkan oleh lembaga-lembaga yang berkaitan langsung untuk menangani pandemi COVID-19 di Jakarta, seperti Jaktour Group sebesar Rp 2,89 miliar untuk memfasilitasi tempat tinggal para tenaga medis, serta mitra penyalur resmi (aggregator), yaitu Baznas Bazis DKI, Aksi Cepat Tanggap, Human Initiative, Rumah Zakat, dan Palang Merah Indonesia yang mendapatkan masing-masing Rp 578 juta.

Pemprov DKI Jakarta masih memanggil warga Jakarta yang ingin turun tangan membantu sesama melalui program KSBB dengan memberikan bantuan prioritas berupa bahan pangan pokok, makanan cepat saji, hingga uang tunai dengan mengakses situs https://corona.jakarta.go.id/kolaborasi. Bantuan juga dapat disampaikan melalui aggregator yaitu Palang Merah DKI Jakarta, Baznas Bazis DKI Jakarta, Yayasan Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap, dan Human Initiative.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dan berkolaborasi menangani pandemi COVID-19 sejak 18 Maret 2020. Hingga Selasa (5/5) terdapat total 136 kolaborator dari berbagai unsur yang telah menyalurkan bantuan kepada Sekretariat Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19. Bantuan tersebut berupa kebutuhan terkait penangangan dan pencegahan COVID-19 seperti coverall, sarung tangan, masker, hand sanitizer, backpack Sprayer, Infusion Pump, Kacamata Google, Kain Lap, Nurse Cap, Rapid Test, Sepatu Boots, Pelindung Sepatu, Surgical Gown, Larutan Desinfektan, Bilik Desinfeksi, Wastafel Portable serta Bahan Makanan (Natura).

Bagi masyarakat yang ingin berkolaborasi memberikan bantuan tersebut dapat langsung disampaikan ke Sekretariat Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi DKI Jakarta, Balai Kota atau melalui chanel jdcn.jakarta.go.id. (R/R8/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)