Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Inggris Batasi Rokok Mentol dan Lintingan Tembakau

Rudi Hendrik - Kamis, 9 Maret 2017 - 16:19 WIB

Kamis, 9 Maret 2017 - 16:19 WIB

601 Views

Ilustrasi: rokok mentol. (Gambar: BeritaHati.com)

Ilustrasi: rokok mentol. (Gambar: BeritaHati.com)

 

London, 10 Jumadil Akhir 1438/9 Maret 2017 (MINA) – Para penggemar rokok di Inggris akan kesulitan membeli rokok mentol dalam paket kecil seiring pemerintah akan melarang rokok jenis itu dan membatasi penjualan tembakau untuk jenis lintingan pada awal Mei tahun ini.

Larangan itu merupakan tahap kedua dari rencana lama bagi negara itu untuk bebas dari rokok secara keseluruhan pada tahun 2020.

Di bawah undang-undang tembakau yang baru, rokok mentol akan dihapus keseluruhan. Pada tingkat awal, harga rokok mentol akan dibuat sangat mahal, sehingga perokok akan kesulitan untuk membelinya.

Baca Juga: Jamaah Ashabul Kahfi Australia Doa Bersama untuk Ulama Aceh Tu Sop

Pada 21 Mei tahun ini, perokok tidak akan lagi dapat membeli 10 rokok mentol dalam sebungkus, demikian The Sun memberitakannya Rabu (8/3) yang dikutip MINA.

Berbeda dengan rokok biasa, mengisap rokok mentol memberikan sensasi dingin di pangkal lidah dan tenggorokan. Peminat rokok mentol tidak sedikit. Itu sebabnya setiap merek rokok pasti punya varian mentol, bahkan lebih dari satu.

Namun, menurut studi pada tahun 2014, bahaya rokok jenis ini lebih besar ketimbang rokok biasa, karena rokok mentol lebih mungkin menyebabkan masalah paru-paru.

Perokok mentol dilaporkan lebih sering ke rumah sakit, bahkan dirawat inap, karena masalah paru-paru berat, seperti pembusukan paru-paru, kesulitan bernapas, sampai adanya dahak atau lendir selama berhari-hari.

Baca Juga: Lima Orang Tewas Imbas Kekerasan Etnis di Manipur India

Menurut lembaga amal Action on Smoking and Health, fase bertahap untuk bebas dari rokok dimulai untuk mencegah generasi mendatang dari merokok.

“Kenaikan harga rokok yang memang sudah mahal merupakan faktor kunci untuk membuat orang berhenti merokok,” kata juru bicara Action on Smoking and Health Amanda Sandford kepada Leverpool Echo.

Menurutnya, dengan menghapus paket sepuluh batang rokok, berarti orang harus menambah uang untuk membeli satu paket yang lebih mahal.

“Ini akan memukul perokok miskin lebih keras, yang biasanya adalah perokok muda,” kata Amanda.

Baca Juga: Israel Sengaja Targetkan Aktivis Turkiye-Amerika

Ia menjelaskan, membayar £ 3 atau £ 4 untuk satu paket sepuluh batang rokok pada saat ini mungkin tidak begitu banyak orang yang meninggalkannya, tapi ketika harus menghabiskan £ 6 atau £ 7, bahkan £ 9, orang mungkin akan berpikir apakah dirinya benar-benar membutuhkan rokok itu.

Sementara itu, penjualan tembakau lintingan tangan yang lebih kecil dari 30 gram juga akan dihapus pada bulan Mei.

“Saat ini orang dapat membelinya dalam paket 10g, 20g dan sebagainya,” kata Amanda. (T/RI-1/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Baca Juga: Prancis Tangkap Perawat yang Bertugas di Rumah Sakit Gaza

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Internasional
Palestina
Internasional
Internasional
MINA Millenia
MINA Health
MINA Preneur