Insan Mandiri Gelar Lokakarya Strategi Pengasuhan Asrama Anak Zaman “Now”

Bekasi, MINA – Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya (YPSJ), SMA Insan Mandiri Boarding School bekerja sama dengan  Sahabat Edukasi (SE) dengan dukungan penuh (Rasil) menyelenggarakan sebuah Seminar & lokakarya Strategi Pengasuhan Asrama Anak Zaman Now di Aula Insan Mandiri Cibubur Jl. Masjid Silaturrahim No. 36 Bekasi-Jabar, Sabtu (22/9).

Seminar itu menghadirkan dua pembicara utama yaitu pakar pendidikan Multiple Intelegensi, sekaligus Direktur Pendidikan Insan Mandiri Boarding School, Ustaz Munif Chatib dengan tema “Melejitkan Potensi Anak di Asrama” dan yang kedua adalah Founder dan Fasilitator SE, Fitria Lauren dengan tema “Keluarga & Masyarakat Pagar Akhlak Anak”.

Sedangkan para peserta adalah para dari berbagai lembaga Islamic Boarding School (pondok pesantren. red) di Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan Timur yang merupakan komunitas Sahabat Edukasi.

Selama ini, kekawatiran terhadap pergaulan bebas, pengaruh lingkungan dan kesibukan orang tua sehingga tidak mempunyai waktu mengawasi anak menjadi alasan klasik bagi orang tua.

Para orangtua mengharapkan lingkungan asrama yang dapat membuat anak menjadi lebih mandiri, disiplin, memiliki sifat toleransi yang tinggi serta mampu mengenal keragaman dan perbedaan dengan lebih baik.

Oleh sebab itulah, pendidik khususnya di asrama membutuhkan keterampilan keterampilan kekinian dalam memainkan peran pengasuhan agar perkembangan anak dapat diusahakan dengan maksimal.

Melalui seminar dan lokakarya inilah sebagai salah satu fasilitas peningkatan wawasan dan keterampilan pendidik di asrama serta terbangun sinergi orang tua dan lembaga asrama.

Dalam acara ini juga membuka sebuah disksusi berbagi sinergisitas keluarga dan asrama yang bertemakan: “Problematika Anak dan Remaja Secara Umum”.

Dalam diskusi itu, panitia menyediakan ruang dan waktu untuk saling berbagi dan bekontribusi dalam amal jama’i di bidang pengasuhan di asrama sehingga dapat meningkatkan keterampilan wali asrama dalam peran pengasuhan yang profesional. (L/Sj/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.