Irak Terima Tank Tempur Rusia T-90

Tank Irak dari Rusia (MEMO)

Baghdad, MINA  – Pemerintah Irak menerima sejumlah tank tempur T-90 buatan Rusia sebagai bagian dari perjanjian pembelian yang ditandatangani tahun lalu, menurut sumber Kementerian Pertahanan Irak.

“Tahap pertama tank Rusia tiba Kamis (15/2/2018) di Pelabuhan Umm Qasr, Irak selatan,” kata sumber tersebut yang dikutip MEMO.

“Tank-tank selanjutnya akan diangkut ke Baghdad melalui kota Basra,” kata sumber tersebut, yang berbicara tanpa nama karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Namun tidak dijelaskan berapa jumlah pasti tank tersebut.

Pengiriman dilakukan sebagai bagian dari perjanjian pembelian yang ditandatangani tahun lalu antara Irak dan Rusia dengan total 73 buah tank jenis T-90.

“Seluruh tank akan dikirim secara bertahap,” kata sumber Kementerian Pertahanan, dan menambahkan, “tank pertama akan mulai beroperasi dalam beberapa hari mendatang”.

Puluhan kendaraan militer Irak, termasuk beberapa tank tempur, hancur selama perang tiga tahun negara tersebut melawan Daesh (ISIS), yang menguasai sebagian besar wilayah utara dan barat Irak pada pertengahan 2014.

Irak sejauh ini memesan tank-tank buatan Rusia dan buatan Amerika Serikat, serta pengangkut personel lapis baja dan jet tempur AS, Rusia dan Korea. (T/RS2/)

Mi’raj News Agency (MINA)