Iran Berhasil Luncurkan Satelit Penelitian Pars 1 Buatan Sendiri ke Luar Angkasa

Iran berhasil menempatkan satelit penginderaan penelitian Pars 1 buatan dalam negeri ke orbit di luar angkasa, Kamis, 29 Februari 2024. (Gambar: dok. Islam Times)

Amur, Rusia, – Iran berhasil menempatkan satelit penginderaan penelitian Pars 1 buatan dalam negeri ke orbit di luar angkasa.

Satelit seberat 134 kilogram itu diluncurkan oleh roket Soyuz dari Kosmodrom Vostochny di wilayah Amur timur jauh Rusia, Kamis (29/2), Press TV melaporkan.

Dilengkapi dengan tiga kamera, Pars 1 akan memindai topografi Iran dari orbit 500 kilometer di atas permukaan bumi.

Satelit ini dirancang dan diproduksi oleh para ahli dan ilmuwan muda di Institut Penelitian Luar Angkasa Iran bekerja sama dengan perusahaan berbasis pengetahuan.

Ia menerima data dari sumber tanah dalam tiga rentang spektral inframerah tampak, gelombang pendek, dan inframerah termal.

Berbicara di televisi, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Iran Issa Zarepour mengatakan bahwa satelit tersebut akan ditambahkan ke satelit penginderaan negaranya. Gambar serta data yang dikirim akan digunakan untuk berbagai tujuan.

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

Menguraikan program luar angkasa negaranya, dia menambahkan bahwa Iran telah meluncurkan 12 satelit ke luar angkasa selama 25 bulan terakhir.

“Industri luar angkasa negara ini maju pesat… meningkatkan posisinya,” kata Zarepour. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.