Iran Menyerah kepada Spanyol 0-1

Kazan, MINA – Iran yang sudah bermodal tiga poin di pertandingan putaran pertama Piala Dunia 2018 Rusia, harus menyerah di tangan raksasa Spanyol pada putaran kedua fase Grup B, Rabu (20/6).

Bertanding di Kazan Arena, Spanyol terus menekan dan mengepung pertahanan Iran. Namun rapatnya pertahanan Iran membuat Sergio Ramos dan kawan-kawan sulit melakukan tendangan langsung ke arah gawang yang dikawal Alireza Beiranvand.

Tim matador mengendalikan penguasaan bola sebanyak 73 persen di babak pertama, namun, hingga turun minum, skor masih tanpa gol.

Di babak kedua, Spanyol terus melakukan tekanan dan pengepungan terhadap pertahanan Iran. Umpan terobosan lebih sering dilakukan.

Pada akhirnya, keberuntungan menghinggapi Spanyol. Bola yang ditendang bek Iran untuk dibuang jauh, justru mengenai kaki Diego Costa dan memantul balik dengan cepat ke dalam gawang Iran. Skor 1-0 untuk Spanyol di menit ke-54.

Tertinggal satu gol membuat pemain Iran berinisiatif keluar menyerang dan beberapa kali mendatangi wilayah pertahanan lawan.

Dalam serangan balasan, pemain Iran membobol gawang David de Gea. Namun, selebrasi dan kegembiraan mereka pupus saat wasit memutuskan menganulir gol tersebut karena terjadi pelanggaran terlebih dahulu oleh pemain Iran.

Teknologi Video Assistant Referee (VAR) menunjukkan bahwa sebelum gol terjadi, pemain Iran lebih dulu berposisi offside.

Kalah 0-1 membuat Iran harus menunggu hasil dari melawan Portugal di putaran ketiga fase grup pekan depan. (L/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)