Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Iran Rilis Daftar Akhir Enam Kandidat Calon Presiden

Rudi Hendrik - Senin, 10 Juni 2024 - 17:18 WIB

Senin, 10 Juni 2024 - 17:18 WIB

10 Views

Enam kandidat disetujui oleh Dewan Konstitusi Iran untuk mencalonkan diri pada pemilihan Presiden 28 Juni 2024. (Foto: Iranintl.com)

Teheran, MINA – Kementerian Dalam Negeri Iran telah merilis daftar akhir enam kandidat yang disetujui untuk pemilihan presiden ke-14, yang akan berlangsung pada 28 Juni mendatang.

Juru bicara kementerian, Mohsen Eslami, pada Ahad (9/6), mengumumkan nama-nama kandidat, yang telah diperiksa dan disetujui oleh Dewan Konstitusi, sebuah badan pengawas pemilu yang beranggotakan 12 orang.

Di antara mereka yang disetujui adalah Ketua Parlemen saat ini Mohammad Baqer Qalibaf, mantan perunding nuklir Saeed Jalili dan Walikota Teheran Alireza Zakani, katanya, Press TV melaporkannya.

Dia menambahkan, Dewan menyetujui Massoud Pezeshkian, seorang kandidat reformis, yang merupakan mantan menteri kesehatan dan mantan anggota parlemen yang mewakili Tabriz di Parlemen Iran.

Baca Juga: Australia, Selandia Baru, dan Kanada Desak Gencatan Senjata di Gaza

Mantan Menteri Kehakiman Mostafa Pourmohammadi dan Kepala Yayasan Martir dan Urusan Veteran Amir Hossein Qazizadeh Hashemi juga telah diberi wewenang untuk mencalonkan diri, kata juru bicara itu.

Keenam kandidat ini termasuk di antara 80 calon yang mendaftar pemilu.

Pemungutan suara awal dijadwalkan pada 28 Juni dan akan memilih presiden baru untuk menggantikan Ebrahim Raeisi, yang tewas dalam kecelakaan helikopter tragis di barat laut Iran pada 19 Mei bersama dengan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan enam rekannya.

Mereka yang lolos dari badan pemeriksaan akan memiliki waktu dua pekan untuk berkampanye, menyampaikan manifesto mereka dan berpartisipasi dalam debat di televisi sebelum pemilu. []

Baca Juga: Kelompok Pro Palestina di Prancis Rencanakan Aksi Protes di Pembukaan Olimpiade Paris 2024

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Ratusan Aktivis Yahudi Amerika Serukan Negaranya Embargo Senjata ke Israel

Rekomendasi untuk Anda

Internasional