Iran Siap Ikut Dialog Afghanistan

Teheran, MINA – Iran mengatakan siap untuk terlibat dalam dialog dengan semua kelompok politik di Afghanistan dengan tujuan mendorong mereka mendukung pemerintah pusat dan mengambil bagian dalam pembicaraan damai nasional.

Teheran juga mengatakan, kunjungan delegasi Taliban baru-baru ini ke Teheran telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Afghanistan, Press TV melaporkan.

Berbicara pada konferensi pers pekanannya pada Selasa (2/2), Ali Rabiei, juru bicara pemerintah Iran, menguraikan tujuan perjalanan tim politik Taliban ke ibu kota Iran awal pekan ini.

Rabiei mengatakan, Iran “siap untuk berkonsultasi, dalam koordinasi penuh dengan pemerintah Afghanistan, dengan semua kelompok politik dan etnis yang berperan dalam perkembangan yang saat ini terjadi di Afghanistan dan masa depan politiknya, dan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam pembicaraan nasional yang dimaksudkan untuk mencapai perdamaian abadi.”

Mengingat perbatasan panjang dan ikatan historis yang dimiliki kedua negara, masalah Afghanistan akan berdampak langsung pada keamanan Iran dan tetangga lainnya, katanya. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)