SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Iran Tangkap ‘Mata-Mata Mossad Israel’

sri astuti - Jumat, 7 Juni 2024 - 23:33 WIB

Jumat, 7 Juni 2024 - 23:33 WIB

0 Views

Teheran, MINA – Seorang tersangka mata-mata Zionis Israel ditangkap oleh badan keamanan Iran di provinsi barat laut Ardabil, kata pihak berwenang setempat.

Jalal Afaghi, Jaksa Penuntut Umum di Ardabil, mengatakan pada Rabu (5/6) malam bahwa tersangka dicari oleh Kementerian Intelijen Iran dan bekerja untuk badan intelijen Zionis Israel, Mossad, Anadolu Agency melaporkannya.

Dia mengatakan tersangka berasal dari salah satu provinsi di selatan Iran dan telah melakukan perjalanan ke banyak provinsi untuk menghindari pengawasan.

Afaghi mengatakan tersangka akhirnya berencana meninggalkan negara itu tetapi ditangkap dalam sebuah penyergapan di provinsi perbatasan.

Baca Juga: Sebanyak 18 Orang Tewas Dalam Serangan di Nigeria

Menurut pejabat Iran, tersangka melakukan kontak dengan perwira tinggi Mossad “melalui salah satu jaringan media sosial” dan akan mengumpulkan informasi untuk mereka.

Pengumuman penangkapan tersebut disampaikan beberapa jam setelah komandan tertinggi Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Jenderal Hossein Salami, bersumpah akan membalas dendam atas pembunuhan seorang penasihat militer di Suriah.

Jenderal Salami mengatakan Israel “akan membayar darah” prajurit IRGC Saeid Abyar, yang tewas dalam serangan udara di barat laut Suriah, dekat Aleppo, pada Senin. Iran menyalahkan Israel atas serangan itu.

Badan-badan keamanan dan intelijen Iran dalam beberapa tahun terakhir telah berulang kali menangkap orang-orang yang dituduh melakukan misi mata-mata untuk Israel.

Baca Juga: Putin Pertimbangkan Pengerahan Nuklir di Dekat Negara NATO

Pada bulan Januari, empat orang yang diduga bekerja untuk badan intelijen Israel dieksekusi, dua tahun setelah penangkapan mereka sehubungan dengan operasi pemboman di provinsi Isfahan tengah.

Beberapa pekan sebelumnya, empat anggota tim sabotase yang diduga terkait dengan Mossad juga dieksekusi.

Keempat pria tersebut, menurut pejabat kehakiman, melakukan “tindakan ekstensif” terhadap pasukan keamanan negara di bawah bimbingan langsung petugas Mossad.

Pada Desember 2023, seseorang yang dihukum karena menjadi mata-mata untuk badan intelijen Israel dieksekusi di provinsi Sistan dan Baluchistan di tenggara Iran.

Baca Juga: Kota-Kota Asia Duduki Peringkat Teratas Ibu Kota Terpanas

Ketegangan antara Iran dan Israel meningkat secara dramatis sejak serangan 1 April terhadap Konsulat Iran di Suriah, yang menewaskan tujuh petugas IRGC.

Iran menyalahkan serangan itu terhadap Israel dan membalasnya dengan serangan langsung pertama terhadap Israel yang melibatkan ratusan drone dan rudal. []

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pilpres Iran 28 Juni, Partisipasi Hanya 40%

Rekomendasi untuk Anda