Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Iran: Unjuk Rasa Jalanan di Israel Tunjukkan Krisis Identitas

Rudi Hendrik - Rabu, 15 Maret 2023 - 22:16 WIB

Rabu, 15 Maret 2023 - 22:16 WIB

2 Views

Pemandangan udara dari protes ribuan orang di kota pesisir Tel Aviv di wilayah pendudukan pada 11 Maret 2023, menentang "reformasi hukum" kontroversial Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: dok. Press TV)

Teheran, MINA – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan, protes jalanan yang sedang berlangsung di Tel Aviv dan wilayah pendudukan lainnya telah mengungkapkan krisis identitas rezim Israel.

“Krisis identitas tersembunyi di sarang laba-laba (rezim Israel) telah terungkap,” cuit Nasser Kan’ani di Twitter pada Rabu (15/3/2023), Press TV melaporkan.

“Unjuk rasa di jalan-jalan di Tel Aviv dan di tempat lain di tanah yang diduduki telah berlangsung tanpa henti selama 10 minggu,” tulisnya. “Tentu saja, ini hanyalah salah satu dari krisis terbesar di Israel. Fondasi yang tidak berakar akan hilang dengan embusan angin.”

Kan’ani juga mengutip sebuah ayat Arab dari Al-Qur’an, yang mengatakan, “Sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba.”

Baca Juga: Microsoft Pecat Dua Karyawan yang Gelar Acara Dukung Gaza

Pada Sabtu malam (11/3/2023), ratusan ribu orang berunjuk rasa di kota-kota Israel selama 10 pekan berturut-turut, memprotes rencana kontroversial untuk mengubah sistem peradilan rezim.

Menurut media Israel, sekitar 200.000 demonstran berunjuk rasa di Tel Aviv, sementara 50.000 orang memprotes di kota utara Haifa dan 10.000 di Beersheba—yang terbesar di keduanya.

“Reformasi hukum” yang kontroversial berfungsi sebagai inti dari kebijakan kabinet yang dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang dia bangun akhir tahun lalu dengan merayu partai-partai ultra-Ortodoks dan sayap kanan.

Mereka berusaha melemahkan Mahkamah Agung rezim dengan merampas kekuasaannya yang bisa menjatuhkan kabinet atau keputusan legislatif.

Baca Juga: Hamas Kecam Israel atas Pembunuhan Lima Jurnalis

Elemen lain dari reformasi akan memberikan 120 anggota parlemen kekuatan untuk bisa menolak keputusan pengadilan dengan suara mayoritas minimal 61 suara. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Israel Bisa Dikeluarkan dari PBB Jika Larang UNRWA

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Breaking News
Kolom
Internasional
Indonesia
Indonesia