Irwan Prayitno: Al-Quran Memberikan Motivasi Untuk Membaca

InPadang, 26 Jumadil Awwal 1438/24 Februari 2017 (MINA) – Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan Al-Qur’an memberikan motivasi kepada setiap Muslim untuk membaca melalui ayat pertama yang turun dengan bunyi iqra (bacalah).

Hal itu disampaikan gubernur Sumbar Irwan pada acara Minang Book Fair 2017, Perhelatan pameran buku akbar pertama di Sumbar yang resmi dibuka di Masjid Raya Sumatera Barat, Jumat (24/2), demikian siaran pers Humas Kota Padang yang diterima MINA.

“Khusus bagi umat Islam, Al Qur’an sudah memberikan motivasi kepada setiap Muslim untuk membaca melalui ayat pertama yang turun dengan bunyi iqra (bacalah). Kalimat itulah yang menjadi ajaran inti agama agar umat Islam rajin membaca,” kata gubernur Irwan melalui akun resmi Facebook nya.

Pameran akbar Minang Book Fair ini berlangsung hingga 5 Maret mendatang. Acara pembukaan, dihadiri oleh Wakil Ketua DPR, yang juga penggemar sastra dan budaya, Fadli Zon, Ketua Perpustakaan Nasional M Syarif Bando, dan para anggota DPD RI, para pimpinan anggota IKAPI, para Bupati dan Walikota, serta Duta Baca Nasional, Najwa Shihab.

“Saya menyambut baik kehadiran Minang Book Fair 2017, sebab, acara semacam ini ikut mendukung peningkatan minat baca masyarakat,” ujar gubernur Irwan.

Dia menjelaskan, Para pendahulu bangsa Indonesia banyak yang berjuang dengan ilmu. Para tokoh sekalipun di penjara masih tetap baca buku, dan menulis buku untuk menyampaikan pemikirannya. Inilah kehebatan para tokoh perjuangan yang perlu kita teladani.

“Alhamdulillah, saya pun juga diberikan kesempatan oleh Allah, untuk aktif menulis buku, kolom koran, paper ilmiah, dan lain sebagainya,” katanya.

Dia berharap dari kegiatan ini akan tumbuh generasi membaca dan selanjutnya nanti muncul generasi menulis.

“Karena semua tokoh perjuangan kita dulu adalah para penulis,” ujarnya

Acara Minang Book Fair 2017 menjadi awal sebuah gerakan membangun budaya literasi di Sumbar. Minang Book Fair 2017 merupaka acara yang dihasilkan dari kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat dengan Yayasan Gemar membaca Indoensia (Yagemi). Pameran yang baru pertama kali digelar di Sumbar itu mengusung tema Memangkit Batang Tarandam. (L/R07/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.