Islamic Book Fair 2022 Resmi Dibuka

(Foto: Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Wakil Gunernur DKI Jakarta, Ir. H. Ahmad Riza Patria, M.B.A secara resmi membuka Islamic Book Fair (IBF) 2022, Rabu (3/8), di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat’ yang akan berlangsung selama lima hari (3-7/8)

“Bismillahirrahma nirrahim, Islamic Book Fair (IBF) 2022 secara resmi dibuka”, katanya melalui virtual.

Acara ini digelar oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi).

Pameran buku Islam ke-20 ini mengambil tema “Literasi Islam Menumbuhkan Optimisme Bangsa”. Tema ini dipilih karena pemahaman literasi Islam yang mumpuni diyakini akan menjadi pondasi bagi lahirnya bangsa yang hebat, dan bangsa yang hebat akan melahirkan peradaban yang kuat. Peradaban yang akan menjadi rahmatan lil alamin bagi seluruh warga bangsa Indonesia.

Ketua Panitia IBF 2022, Mahmud Anis Baswedan menyampaikan, pada Pameran Buku Islam ke-20 ini terdapat 128 stand dari 49 Penerbit dengan jumlah buku 10.000 judul.

Sejumlah tokoh turut menghadiri dan meramaikan hajatan pameran terbesar buku-buku Islam yang ke-20 ini. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies R. Baswedan juga memberikan sambutansecara virtual.

Selain tokoh di atas, nama lainnya yang juga hadir pada acara IBF adalah Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Arys Hilman Nugraha, Ketua Ikapi DKI Hikmat Kurnia, Direktur Bank Syariah Indonesia (BSI), dan sejumlah tokoh lainnya.

Pameran IBF 2022 diikuti sekitar 63 peserta dari dalam dan luar negeri dengan total pengambilan stan kepesertaan mencapai 138 stan. Dalam IBF tahun ini ada 10.000 judul buku yg dipamerkan, dengan jumlah buku mencapai 1 juta eksemplar.

Mahmud Anis menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Metro Jaya (Polda Metro Jaya) untuk acara IBF 2022, dan dengan pihak Satgas Covid-19.

“Kami sudah mendapatkan izin dari Polda Metro Jaya dan Satgas Covid-19. Karena itu, kami tetap memberlakukan protocol Kesehatan secara ketat agar covid-19 bisa diminimalkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga menggandeng media untuk meramaikan perhelatan pameran Islamic Book Fair (IBF), sebagai media partner. Antara lain Republika, MinaNews, Muslim Channel, MNC Grup (TV, Radio, dan Media), Radio Silaturahim, Radio Dream, Harian Jurnal Nasional, TVMU, dan lainnya.

Sedangkan sponsor utama pada pameran Islamic Book Fair (IBF) 2022 ini adalah Bank Syariah Indonesia (BSI). Pihaknya bersyukur, atas keterlibatan dan kerja sama dengan BSI ini. “Insya Allah, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi umat dan bangsa,” ucapnya.

Pameran buku Islam kali ini merupakan yang ke-20 kalinya digelar sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2002 silam. Sempat vakum penyelenggaraan karena pandemi covid-19, yakni pada 2021 lalu. (L/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)