Israel Buldozer 520 Lebih Pohon Zaitun di Lembah Yordan

Tepi Barat, MINA – Pasukan otoritas Israel membuldozer lebih dari 520 ratusan pohon zaitun berumur 15 tahun milik warga Palestina pada Senin (11/2), di sebelah utara Lembah Jordan Tepi Barat yang diduduki.

Mutaz Bisharat, seorang pejabat Palestina pemantau aktivitas permukiman di Lembah Jordan distrik Tubas mengatakan, kepada Ma’an News Agency dikutip MINA, bahwa pasukan Israel menyerang desa Bardala di Lembah Yordania utara dengan buldozer Israel yang menyasar pohon-pohon zaitun milik lima warga.

Sekitar 250 pohon zaitun adalah milik Muhammad Salah Yousef Sawafta, 160 pohon milik Amer Sawafta, 70 pohon milik Amer Ehmil, 40 pohon milik Izzat al-Rashayda.

Di samping itu juga merusak empat dunam (0,98 hektar) kacang buncis yang siap dipanen milik Ziyad Sawafta.

Lembah Yordan membentuk sepertiga dari Tepi Barat yang diduduki, dengan 88 persen tanahnya diklasifikasikan sebagai Area C di bawah kendali penuh militer Israel.

Organisasi hak internasional menganggap kelanjutan kampanye Israel yang menargetkan warga Palestina di Lembah Yordan, baik melalui penyitaan, penghancuran atau pengusiran dengan dalih menggelar latihan militer, sebagai pelanggaran hukum humaniter internasional. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)