Israel Luncurkan Drone Laut Dilengkapi Terpedo

drone laut israelforeignaffairs
. (Foto: Israelforeignaffairs)

Tel Aviv, 1 Jumadil Awwal 1437/10 Februari 2016 (MINA) – Angkatan Laut Israel, Senin (8/2) waktu setempat, meluncurkan jenis kendaraan laut tak berawak (drone laut) buatan Elbit Systems’ Seagull.

Kendaraan yang disebut dengan USV (autonomous unmanned surface vehicle) dapat melancarkan misi peperangan anti-kapal selam dengan menembakkan torpedo kecil, serta dapat mendeteksi dan meledakkan ranjau bawah laut dengan mengirimkan robot laser dan pencegat bawah air di kedalaman.

Elbit Systems Seagull sejauh ini telah mengembangkan sistem dua-kapal selama tiga tahun terakhir, kata para pejabat Elbit di pelabuhan Haifa, tempat dilakukan beberapa manuver drone di atas air, laporan The Jerusalem Post.

Produsen drone pemasok ke Marinir Amerika Serikat menyebut harga satu drone sekitar 20 miliar Dolar AS (sekitar Rp273 miliar).

Ofer Ben David, Wakil Presiden Naval Sistem Business Line UAS di Divisi ISTAR, menjelaskan, produknya itu merupakan revolusi kendaraan laut menghadapi ancaman tinggi.

“Kami mempertimbangkan Angkatan Laut Israel dan Kementerian Pertahanan memiliki potensi atas kendaraan canggih ini,” katanya.

Ia menambahkan, proyeknya tidak akan masuk ke dalam ini jika tidak memiliki rencana bisnis, dan jika tidak menyebabkan banyak peminat.

Kelebihan lain drone laut ini, ujarnya, terletak pada keberadaan rahasianya, dan radar tidak efektif dalam menemukan itu.

“Drone selam ini selalu digunakan ofensif, baik untuk mengumpulkan intelijen atau untuk menyerang,” tambahnya.

USV ini dilengkapi dengan dua mesin utama dan dua pendorong, yang memungkinkan untuk mencapai kecepatan hingga 32 knot.

Sebuah link satelit berfungsi sebagai pengendali jarak jauh, dan kapal dapat beroperasi terus-menerus hingga 96 jam (empat hari).

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah mengidentifikasi tren yang sedang berkembang terhadap kegiatan pertahanan berbasis laut,” kata Elad Aharonson, General Manager di Divisi ISTAR Elbit. (T/P4/R05)

 

Mi’raj Islamic Nerws Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.