Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Israel Sampaikan Pembelaan Atas Tuduhan Genosida di Mahkamah Internasional

Ali Farkhan Tsani - Sabtu, 13 Januari 2024 - 08:22 WIB

Sabtu, 13 Januari 2024 - 08:22 WIB

13 Views

Den Haag, MINA –  Tal Becker, penasihat hukum Kementerian Luar Negeri Israel, menyampaikan pernyataan pembelaan atas tuduhan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ), di Den Haag,  Jumat (12/1).

Becker mengatakan, Afrika Selatan telah mengabaikan peristiwa 7 Oktober dan bahwa Israel mempunyai hak untuk membela diri. Al Jazeera melaporkan.

Dia juga menyatakan, Mahkamah Internasional harus menerapkan tindakan sementara terhadap Afrika Selatan, dengan menuduhnya mempertahankan hubungan dekat dengan Hamas.

Prof. Malcolm Shaw, seorang guru besar hukum internasional asal Inggris, angkat bicara menentang klaim Afrika Selatan bahwa kedua negara berada dalam “perselisihan.”

Baca Juga: Rashida Tlaib Kecam RUU AS soal Larang Pelabelan Produk ‘Buatan Palestina’

Galit Raguan, Penjabat Direktur Divisi Peradilan Internasional di Kementerian Kehakiman Israel, usai sesi pembelaan menyalahkan Hamas atas tingginya jumlah korban sipil di Gaza dan menegaskan bahwa Israel tidak mengebom rumah sakit.

Christopher Staker, seorang pengacara internasional yang sebelumnya bertugas di pengadilan pidana bekas Yugoslavia, adalah perwakilan keempat Israel.

Dia mengklaim Israel telah memfasilitasi bantuan kemanusiaan.

Gilad Noam, Wakil Jaksa Agung Israel untuk Urusan Internasional, menyampaikan argumen terakhir Israel.

Baca Juga: Universitas Virginia Tolak Tarik Investasi dari Israel

Dia menentang penggunaan tindakan sementara, dengan menyebutkan beberapa alasan, termasuk bahwa Hamas dianggap sebagai organisasi teroris oleh Israel dan negara-negara lain dan telah melakukan “serangan teroris skala besar”.

Keputusan Mahkamah Internasional atas suara yang mendukung, atau menentang, atas permintaan mendesak Afrika Selatan untuk melakukan tindakan sementara, akan diumumkan dalam beberapa pekan mendatang.

Afrika Selatan menanggapi pembelaan Israel dengan menegaskan, ‘menolak dengan jijik’ klaim Israel.

Zane Dangor, Direktur Jenderal Kementerian Hubungan Internasional Afrika Selatan, membantah keras tuduhan yang dibuat oleh kementerian luar negeri Israel bahwa Afrika Selatan berfungsi sebagai perpanjangan tangan Hamas.

Baca Juga: Kanada Berlakukan Sanksi Baru terhadap Pemukim Ilegal Israel

“Tim hukum Afrika Selatan mewakili rakyat Afrika Selatan,” kata Dangor setelah sidang ICJ.

Dia menambahkan, negaranya sedang mengajukan kasus genosida di ICJ “karena ingin menghentikan lebih banyak kerugian terhadap warga Palestina dan ini demi kepentingan keadilan.”

“Apa yang diberikan Israel adalah banyak kebohongan yang telah dibantah,” lanjutnya.

Pejabat Kementerian Luar Negeri Palestina Ammar Hijazi mengatakan kepada wartawan usai persidangan, tim hukum Israel “tidak mampu memberikan argumen yang kuat berdasarkan fakta dan hukum”.

Baca Juga: Turkiye Tangkap Pimpinan Mossad

“Apa yang diberikan Israel saat ini adalah banyak kebohongan yang sudah terbantahkan,” tambahnya, merujuk pada, antara lain, klaim Israel bahwa Rumah Sakit di Gaza digunakan sebagai pangkalan militer.

“Selain itu, kami berpendapat bahwa apa yang coba diberikan oleh tim Israel hari ini adalah hal yang tepat untuk diajukan ke pengadilan oleh Afrika Selatan, yaitu tidak ada yang bisa membenarkan genosida,” lanjutnya. (T/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: The Guardian: Bom Pager Israel Langgar Perjanjian Perang

Rekomendasi untuk Anda

Breaking News
Internasional
Palestina
MINA Preneur
Internasional
Palestina
Indonesia
Internasional
MINA Health
Buah Semangka (foto: Site News/Twitter)
MINA Health