Israel Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah

Tel Aviv, MINA – menembak jatuh sebuah pesawat  , Shukoi,  dengan rudal permukaan ke udara, Selasa (24/7), setelah pesawat menyusup ke wilayah udara yang dikuasai negara itu, kata militer.

Israel mengisyaratkan bahwa infiltrasi pesawat mungkin merupakan hasil dari pertempuran internal dalam perang saudara Suriah.

Israel menekankan bahwa mereka akan memberlakukan garis gencatan senjata antara kedua negara.

“Ini adalah pelanggaran terang-terangan atas perjanjian pemisahan tahun 1974 antara Israel dan Suriah,” kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan, demikian Nahar Net melaporkan.

“Kami tidak akan menerima  tumpahan ke wilayah kami, baik dari darat atau dari udara.”

Juru bicara militer Israel Jonathan Conricus mengatakan kepada wartawan, pesawat, pesawat Suriah type Sukhoi 22 atau 24, jatuh di sisi pagar Suriah di Dataran Tinggi Golan. Tidak jelas apa yang terjadi pada pilotnya.

Baca Juga:  AS: Operasi Militer di Rafah ‘Makin Melemahkan’ Posisi Israel

Pesawat ditembak setelah menembus sekitar dua kilometer (1,25 mil) ke wilayah udara yang dikontrol Israel di Dataran Tinggi Golan selatan.

Satu sumber militer Suriah mengkonfirmasi bahwa Israel telah menembaki salah satu pesawat tempurnya, tetapi mengatakan bahwa jet itu melakukan operasi terhadap para milisi di wilayah Suriah.

“(Israel) menargetkan salah satu pesawat tempur kami … di wilayah udara Suriah”, kata sumber itu yang dikutip oleh kantor berita Suriah SANA. Sumber itu tidak mengatakan apakah pesawat itu telah terkena.

Menurut Conricus, pesawat berangkat dari pangkalan udara T4 di Suriah tengah sebelum menuju Golan.

Ini adalah pertama kalinya Israel menembak jatuh jet tempur Suriah sejak tahun 2014. (T/RI-1/P1)

Baca Juga:  AS: Operasi Militer di Rafah ‘Makin Melemahkan’ Posisi Israel

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.