Israel Tutup Bukit Fureidis di Betlehem Timur

Betlehem, MINA – Pasukan Israel Selasa (14/7) menutup wilayah Bukit Fureidis di Betlehem Timur.

Sumber-sumber lokal menyebutkan bahwa otoritas Israel menutup bukit Fureidis dengan kawat berduri dan memasang gerbang cek poin sehingga kelurahan Tamur, Betlehem timur menjadi terisolasi.

Sementara Menteri Pariwisata Otorita Palestina, Hamdan Taha Hamdan Thaha mengatakan, bukit Fureidis bagian yang tak terpisahkan dari peninggalan Palestina yang terletak di bawah penjajahan Israel. Karena itu, tindakan Israel menguasai paksa wilayah tidak akan mengubah apapun.

“Penjajah Israel berusaha memanfaatkan situs-situs peninggalan bersejarah untuk kepentingan sejarah Israel bahwa mereka memiliki eksistensi sejarah Yahudi di tanah Palestina,” tambah Taha. Demikian PIC melaporkan.

Ia menjelaskan, ada 7 ribu situs bersejarah di Palestina yang separuhnya dikuasai Israel dan Israel menghalangi warga Palestina untuk mengurus situs-situs bersejarah di wilayah kategori “C” (wilayah yang ditentukan oleh kesepakatan Oslo) di antaranya bukit Fureidis.

Bukit Fureidis sejak bertahun-tahun mendapatkan serangan tindakan kekerasan pemukim Israel seperti yang terjadi di wilayah Jeb Dzaib dengan menyita wilayah dan menguasai wilayah Palestina dengan memberikan surat peringatan untuk penggusuran.

Bukit Fureidis berada di 10 KM ke Betlehem Timur dengan tinggi 758 dari permukaan laut dan menghadap ke Betlehem dan Al-Quds selain ke Laut Mati, dan Gurun Al-Quds (gurun Yudea). Situs ini berisi bangunan-bangunan bersejarah penting. (T/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)