JAMAAH HAJI KLOTER PERTAMA BANYAK YANG SAKIT

Petugas-Haji

Petugas-HajiJeddah, 07 Dzul Qaada 1435/2 September 2014 (MINA) – Banyak Indonesia jatuh saat tiba di bandara internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Senin (1/9).

Kepala Bidang Kesehatan Daerah Kerja Jeddah dr. Lucky Tjahjono mengatakan, para jamaah mendapat perawatan rata-rata berusia lanjut, mereka kelelahan dan kekurangan asupan makanan selama perjalanan dengan pesawat.

“Salah satunya jamaah asal lombok, menderita Hipoglikemia, yaitu kekurangan gula dalam tubuh disebabkan tidak mau makan dan minum selama penerbangan,” katanya seperti dilaporkan laman Kemenag yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kedatangan jamaah haji Indonesia kelompok terbang () pertama dari Embarkasi Ujung Pandang (UPG) Provinsi Sulawesi Selatan yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, pukul 13.45 WAS, Senin (1/9).

Pesawat Garuda GA-1101 dari Sulawesi Selatan Barat itu mendarat terlambat sekitar 25 menit dari jadwal yang direncanakan pada pukul 13.20 WAS. Setelah prosesi imigrasi, satu persatu jamaah haji Indonesia keluar dari bandara dengan tas berwarna biru dan baju batik haji Indonesia.

Berdasarkan data penanganan pasien di pos kesehatan haji bandara, beberapa jamaah mengalami dehidrasi, sesak nafas, mual-mual, dan diare. Salah satunya jamaah calon haji asal Lombok Muhammad Akmal Rayu Nasrun, mengalami dehidrasi sehingga lemas.

Pos Kesehatan Haji Indonesia yang terletak di octagon pelataran bandara internasional KAIA Jeddah, walaupun tempatnya terbatas dengan fasilitas yang sederhana terasa nyaman dan cukup untuk menangani beberapa keluhan sakit jamaah.

Setelah mendapatkan penanganan medis secukupnya di pos kesehatan haji, para jamaah melanjutkan perjalanan ke Madinah untuk menunaikan shalat arbain di masjid Nabawi. Sebelumnya mereka yang sakit dirawat di Pos Kesehatan Haji Indonesia di bandara internasional KAIA Jeddah.

Seremonial penyambutan dilakukan sekitar pukul 15.00 WAS. Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi memberikan ucapan selamat datang kepada para jamaah perdana didampingi Direktur Pembinaan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Kepala Muassasah Asia Tenggara Zuhair Abdurrahman Sedayu, Ketua PPIH Arab Saudi Akhmad Jauhari, dan Kepala Daerah Kerja Jeddah Ahmad Abdullah Yusuf.

Pada kesempatan penyambutan, AM. Fakhir secara simbolik memberikan sebuah surban dan sajadah kepada dua orang perwakilan jamaah.

Sementara Ketua Muassasah, Zuhair Abdurrahman Sedayu yang turut menyambut kedatangan jamaah, menyatakan siap untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji Indonesia dan mengucapkan selamat datang serta berdoa semoga menjadi haji yang mabrur. (T/PO10/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0